Ini Sederet Sektor Petanian Sasaran Pendataan Petugas Sensus Pertanian 2023 Badan Pusat Statistik

Ini Sederet Sektor Petanian Sasaran Pendataan Petugas Sensus Pertanian 2023 Badan Pusat Statistik

Berikut sederet daftar sasaran pendataan Petugas Sensus Pertanian Tahun 2023 atau ST2023 Badan Pusat Statistik/Foto: BPS Kabupaten Kepahiang.--Radarkepahiang.id

Setiap usaha pertanian baik itu subsektor tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, maupun kehutanan, ditunjang oleh jasa pertanian. Dengan dasar ini pula, usaha jasa pertanian diputuskan oleh pemerintah menjadi salah satu dari beberapa sasaran pendataan Sensus Pertanian Tahun 2023 oleh Badan Pusat Statistik.

 

Jasa pertanian merupakan kegiatan jasa pertanian atas dasar balas jasa atau kontrak meliputi jasa penyiapan lahan pertanian, jasa penanaman lahan pertanian, jasa pemeliharaan lahan pertanian, jasa penyiraman lahan pertanian, jasa pemanenan, jasa pengendalian hama, jasa pengoperasian peralatan irigasi pertanian hingga jasa penyediaan perlengkapan mesin pertanian dengan operator.

 

9. Volume dan Nilai Produksi Hasil Pertanian

Dari setiap subsektor pertanian yang masuk dalam sasaran pendataan ST2023, Petugas Sensus Pertanian Tahun 2023 dari BPS juga diharuskan mendata volume dan nilai produksi yang dihasilkan.

 

Volume produksi yang dicatat, disesuaikan dengan jenis komoditas yang diusahakan. Masing-masing komoditas tersebut memiliki bentuk standar tersendiri. 

 

Volume dan nilai produksi tersebut mencakup semua produk yang dihasilkan, baik yang dijual, dikonsumsi sendirimaupun diberikan pada orang lain.

BACA JUGA:Daftar Nama Lengkap Peserta Lulus Seleksi Administrasi Petugas Sensus Pertanian 2023, Ini Jadwal Tes Wawancar

Sebagai informasi, bentuk dukungan menyukseskan ST2023 yakni dengan kolaborasi dan kerja sama dari semua pihak yang terlibat baik BPS, Stakeholder maupun petani itu sendiri. 

 

Dengan terselengaranya Sensus Pertanian Tahun 2023 atau ST2023, merupakan upaya dari pemerintah guna menstabilkan ekonomi masyratakt Indonesia. Bukan cuma itu saja, sensus pertanian yang dilakukan Petugas Sensus Pertanian Tahun 2023 ini, nanti akan berdampak pada sektor pertanian yang berkualitas serta mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani.

Sumber: