Ini Sederet Sektor Petanian Sasaran Pendataan Petugas Sensus Pertanian 2023 Badan Pusat Statistik

Ini Sederet Sektor Petanian Sasaran Pendataan Petugas Sensus Pertanian 2023 Badan Pusat Statistik

Berikut sederet daftar sasaran pendataan Petugas Sensus Pertanian Tahun 2023 atau ST2023 Badan Pusat Statistik/Foto: BPS Kabupaten Kepahiang.--Radarkepahiang.id

3. Usaha Pertanian Subsektor Hortikultura

Selanjutnya usaha pertanian subsektor hortikultura ikut menjadi bagian dari sasaran pendataan Petugas Sensus Pertanian atau ST2023 Badan Pusat Statistik. 

BACA JUGA:AWAS Nekat Main Barang Bekas Impor, Siap-siap Didenda Rp 5 Miliar dan Penjara 5 Tahun!

Sebab hortikultura merupakan salah satu subsektor pertanian yang potensial dan didorong untuk meningkatkan kesejahteraan petani, ekonomi daerah, ekonomi nasional serta meningkatkan devisa negara melalui ekspor.

 

4. Usaha Pertanian Subsektor Perkebunan

Sasaran pendataan Petugas Sensus Pertanian selanjutnya adalah usaha pertanian subsektor perkebunan yang merupakan, salah satu subsektor dari sektor pertanian yang dapat meningkatkan devisa negara dan menyerap tenaga kerja. Pemerintah mengutamakan pada subsektor perkebunan, karena memiliki daya tarik yang tinggi untuk diekspor ke negara maju. 

 

Sebagian besar ekspor pertanian Indonesia berasal dari komoditas tanaman perkebunan. Komoditas tersebut di antaranya sawit, karet, kelapa dan lain-lain. Secara umum tanaman perkebunan dibedakan menjadi tanaman semusim dan tahunan sama seperti tanaman hortikultura.

 

5. Usaha Pertanian Subsektor Peternakan

Beitu juga dengan subsektor peternakan yang merupakan bagian integral bidang pertanian, masuk dalam sasaran pendataan Petugas Sensus Pertanian dari Badan Pusat Statistik atau BPS.

BACA JUGA:Ratusan Masyarakat Adat Meriahkan Rakernas AMAN di Tanah Pat Petulai Rejang Lebong

Sebab subsektor peternakan juga bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan taraf hidup masyarakat petani pada umumnya dengan melalui usaha peningkatan produksi peternakan baik kuantitas maupun kualitasnya.

 

Sumber: