Pengelola Keuangan Paling Transparan Berada di Tingkat Desa

Pengelola Keuangan Paling Transparan Berada di Tingkat Desa

Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Zainal saat menggelar reses menampung aspirasi pendamping desa.--Istimewah

RK ONLINE - Anggota DPR Provinsi Bengkulu, H. Zainal S,Sos, MM menilai jika saat ini, pengelolaan keuangan negara paling transparan adalah di tingkat desa.

 

Ini disampaikan langsung oleh Zainal, saat bertatap muka dengan seluruh Pendamping Desa (PD) se Kabupaten Kepahiang, Rabu 1 Maret 2023.

 

Zainal mengungkapkan kalau saat ini, pemerintah juga fokus terhadap pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat. Dalam pelaksanaannya, peningkatan ekonomi masarakat ini menurut Zainal dilakukan pemerintah melalui jajaran pemerintah tingkat bawah, yakni pemerintah desa.

BACA JUGA:Pemkab Kepahiang Peduli, Bupati Kepahiang Sambangi dan Bantu Korban Kecelakaan

"Semuannya dimulai dari desa. Pengelolaan keuangan di desa saat ini juga merupakan pengelolaan keuangan yang paling transparan. Maka dari itu peran penting dari pendamping desa sangatlah tinggi dan dibutuhkan," ujar Zainal.

 

Dengan demikian lanjut Zainal, melalui reses kali ini dirinya tidak hanya menampung aspirasi dari masyarakat dan pemerintah desa saja. Pentingnya peran PD, membuat dirinya berinisiatif untuk menampung aspirasi unsur-unsur yang mendampingi desa seperti PD.

 

"Pada reses kali ini, selain datang langsung ke desa, kita juga melakukan reses terhadap unsur yang mendampingi kegiatan pemerintah desa yaitu PD. Selain aspirasi dari desa langsung, kali ini kita juga dengarkan aspirasi dari para PD karena keseharian profesi PD ini, langsung berkaitan dengan desa," ungkapnya.

BACA JUGA:Soal Penghapusan Tenaga Honorer Non ASN November 2023, Ini Kata MenPAN RB Anas!

Kemudian berdasarkan hasil diskusi dirinya bersama Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, Zainal mengakui jika desa merupakan pihak yang mengelola keuangan negara dengan sistem yang paling trasparan.

 

Sumber: