Fakta Tersembunyi: Sejarah 17 Agustus Berikut Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 1945

Fakta Tersembunyi: Sejarah 17 Agustus Berikut Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 1945

Sederet fakta tersembunyi tentang sejarah 17 Agustus dan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI tahun 1945--Istimewah

Teks proklamasi disusun tiga tokoh nasional yakni Ir Soekarno, Mohammad Hatta dan Ahmad Soerbadjo pada 17 Agustus 1945 pukul 03.00 WIB. Naskah proklamasi dirumuskan di ruang makan Maeda. Naskah teks proklamasi asli ditulis tangan oleh Ir Soekarno. Naskah sebanyak dua alinea lalu selesai dibuat setelah 2 jam kemudian.

 

Naskah proklamasi tersebut diserahkan kepada Sayuti Melik, untuk diketik ketika teks sudah disetujui. Naskah teks proklamasi kemudian diserahkan kembali kepada Soekarno untuk ditandatangani.

Hari Jumat 17 Agustus 1945, tepatnya pukul 10.00 WIB di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, naskah teks proklamasi itupun dibacakan oleh Presiden Soekarno didampingi Moh. Hatta. Pembacaan proklamasi kemerdekaan RI dilakukan dalam suasana yang sangat khidmat.

BACA JUGA:Fakta Seputar Burung Garuda yang Harus Kamu Tahu!

BACA JUGA:Tahukah Kamu, Simbol Garuda Pancasila Ternyata Terinspirasi dari Kerajaan Ini Loh!

Kemudian bendera merah putih yang dijahit oleh Ibu Fatmawati, dikibarkan oleh seorang prajurit PETA bernama Latief Hendraningrat yang saat itu, dibantu oleh Soepardjo dan seorang pemudi yang membawa nampan berisi bendera merah putih.

Setelah bendera berkibar, lagu Indonesia Raya dinyanyikan. Berita momen pembacaan proklamasi kemerdekaan RI juga disebarkan lewat berbagai media, baik radio, surat kabar hingga telegram.

Sumber: