Ditolak Merdeka, Begini Sejarah Lengkap Peristiwa Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945

Ditolak Merdeka, Begini Sejarah Lengkap Peristiwa Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945

Rangkaian peristiwa kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 yang sempat ditolak Jepang --Istimewah

Radarkepahiang.id - Sejarah peristiwa kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, tersusun dari beberapa peristiwa. Rangkaian peristiwa kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 ini, menjadi momen istimewah bagi bang Indonesia yang berhasil merebut kemerdekaan dari para penjajah.

 

Peristiwa kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 ini, diawali dengan kekalahan Jepang dalam perang pasifik. Lalu dilanjutkan dengan penolakan Jepang terhadap deklarasi Postdam terhadap sekutu. 

Penolakan tersebut ternyata membuat Amerika Serikat memutuskan untuk menjatuhkan bom atom di dua kota di wilayah Jepang. Hal inilah yang kemudian membuat Negeri Sakura menjadi terpuruk dan Jepang menyerah kepada Sekutu.

BACA JUGA:Ternyata Patung Fatmawati Bengkulu Didesain Oleh Desainer Istana Garuda IKN, I Nyoman Nuarta

BACA JUGA:6 Fakta Tersembunyi Tentang Kemerdekaan RI Tahun 1945, Soekarno Sakit Malaria!

Kabar tentang kekalahan Jepang tersebut, sampai ke telinga para tokoh nasional Indonesia yang kemudian dengan segera merencanakan proklamasi kemerdekaan RI.

 

Berikut ini adalah sejarang rangkaian peristiwa kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 yang dikutip dari berbagai sumber terpercaya:

1. Kekalahan Jepang dalam Perang Pasifik

Mulanya, Jepang berhasil menghancurkan Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbor, Hawai pada 7 Desember 1941. Namun setelah serangan itu, kode komunikasi rahasia Jepang justru berhasil dibuka oleh AS. 

 

Hal ini membuat AS mengetahui jumlah pasukan dan waktu serangan Jepang. Dengan begitu, AS dan Sekutu dapat melakukan serangan kepada Jepang dan memperoleh kemenangan. Bahkan, beberapa pulau milik Jepang, seperti Saipan, Iwo Jima dan Okinawa dapat direbut oleh Sekutu.

 

Sumber: