Fakta Seputar Burung Garuda yang Harus Kamu Tahu!

Fakta Seputar Burung Garuda yang Harus Kamu Tahu!

Fakta soal burung garuda yang identik dengan elang jawa/---bappeda.jatimprov.go.id

Fakta Seputar Burung Garuda yang Harus Kamu Tahu!

RK ONLINE - Burung Garuda, simbol nasional Indonesia, memiliki banyak fakta menarik yang mungkin belum kamu ketahui.

Meskipun sering diasosiasikan dengan makhluk mitologi, Garuda memiliki akar dalam kehidupan nyata dan mengandung berbagai aspek yang menghubungkannya dengan sejarah dan budaya Indonesia.

 

Identik dengan Elang Jawa

Ternyata, Garuda memiliki kaitan erat dengan elang jawa, yang merupakan burung endemik Pulau Jawa. Kesamaan ini terlihat pada ciri fisik, seperti jambul di belakang kepala. Elang jawa, sebagai predator puncak, mewakili esensi dari simbol Garuda.

BACA JUGA:Bukan Hanya Mitos, Ternyata Begini Penampakan Burung Garuda di Dunia Nyata Indonesia

Mitologi dan Budaya Indonesia

Garuda dalam mitologi Hindu digambarkan sebagai burung yang dinaiki oleh Dewa Wisnu. Cerita ini masih berhubungan dengan masa lalu Indonesia yang dipengaruhi oleh kerajaan-kerajaan Hindu. Pewayangan Jawa pun menghadirkan tokoh Garuda dalam beberapa cerita menarik.

 

Proses Pembentukan Lambang

Lambang Garuda Pancasila tidak terbentuk begitu saja. Setelah proklamasi kemerdekaan, Indonesia tidak memiliki lambang negara selama empat tahun. Pada tahun 1949, Sultan Hamid II dan Moh Yamin merancang desain lambang yang akhirnya ditolak karena memuat simbol Jepang. Pada 11 Februari 1950, Garuda Pancasila resmi diadopsi sebagai lambang negara.

 

Makna Simbolis Bulu Garuda Pancasila

Sumber: