7 Menu Buka Puasa Sehat dan Bernutrisi

7 Menu Buka Puasa Sehat dan Bernutrisi

7 Menu Buka Puasa Sehat dan Bernutrisi--Dok/Net

Air mineral merupakan minuman buka puasa sehat yang tak boleh terlewatkan. Selama berpuasa, tubuh akan kehilangan cairan dan jika tidak segera diganti dapat menyebabkan dehidrasi atau bahkan bisa berujung ke kondisi yang lebih serius.

Anda dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh secara berkala sejak berbuka hingga sahur. Gunakan metode 2-4-2, yaitu dua gelas saat berbuka, empat gelas di sela-sela waktu berbuka dan sahur, serta dua gelas saat sahur.

BACA JUGA:Baru Tahu Kalau Puasa Setengah Hari Ternyata Ada Hukumnya

4. Salad sayur

Mungkin salad menjadi pilihan terakhir yang ingin kamu santap saat berbuka puasa. Namun, mengonsumsi salad sayur akan sangat menyehatkan untukmu, loh. Jika kamu sudah terbayang dengan tampilannya yang menarik namun rasanya yang hambar, kamu bisa mengkreasikan salad sayurmu dengan menambahkan dressing serta protein di dalamnya seperti misalnya telur, dada ayam, atau bahkan udang.

Dan juga, ada banyak sekali alasan mengapa salad sayur menjadi menu buka puasa yang sehat. Salad sayur memiliki kandungan serat, vitamin, dan mineral yang tinggi dalam sayuran mentah. Serat dalam sayuran dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, sayuran juga mengandung vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, vitamin C, dan kalium, yang penting untuk menjaga kesehatan kulit, sistem kekebalan tubuh, dan fungsi jantung yang baik.

BACA JUGA:Apakah Batal Jika Menangis Saat Puasa, Simak Baik-Baik Begini Penjelasan Selengkapnya

Untuk kamu yang sedang diet, salad sayur menjadi pilihan menu buka puasa yang sempurna, karena rendah kalori namun tinggi nutrisi, sehingga cocok untuk menjaga berat badan dan mendukung pola makan sehat.

5. Oatmeal

Masih banyak orang yang belum menyadari makanan ini memiliki banyak manfaat. Padahal, oatmeal merupakan makanan yang kaya serat sehingga dapat berguna bagi tubuh saat berpuasa.

Sama seperti kurma, oatmeal dapat membantu cepat kenyang dan mencegah keinginan makan berlebih. Oatmeal juga merupakan makanan yang praktis dan mudah diolah, cocok untuk berbuka puasa.

BACA JUGA:Puasa Tapi Malah Jadi Tidak Produktif, Ini 5 Tips Mengilangkan Rasa Ngantuk Saat Puasa

Itulah makanan sehat yang bisa dikonsumsi saat berbuka puasa hingga sahur. Tak hanya makanan dan minuman, pola makan juga menjadi sangat penting bagi kesehatan tubuh saat berpuasa. Oleh karena itu, buka puasa secukupnya dengan mengonsumsi makanan sehat.

6. Daging Merah

Daging merah merupakan salah satu sumber protein, lemak, dan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah anemia. Jika sulit didapatkan, daging merah dapat digantikan dengan hati ayam dan sayur tinggi zat besi, seperti bayam, brokoli dan kentang.

Sumber: