7 Menu Buka Puasa Sehat dan Bernutrisi

7 Menu Buka Puasa Sehat dan Bernutrisi

7 Menu Buka Puasa Sehat dan Bernutrisi--Dok/Net

7 Menu Buka Puasa Sehat dan Bernutrisi

RK ONLINE - Selama menjalankan ibadah puasa tubuh memerlukan nutrisi yang cukup. Seseorang diwajibkan berpuasa yaitu menahan lapar dan haus selama beberapa jam. Karenanya, agar asupan nutrisi harian tetap terpenuhi, usahakan untuk mengonsumsi menu buka puasa sehat dan bergizi seimbang.

Puasa memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama jika Anda menerapkan pola makan yang baik saat puasa. Ketika berpuasa, Anda disarankan untuk berbuka secukupnya dengan menu sehat. Pasalnya, makan berlebihan saat berbuka justru berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Anda pun dapat mengawali buka puasa dengan menyantap beberapa buah kurma dan minum jus buah tanpa gula untuk mengembalikan kadar gula darah ke tingkat normal.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung tinggi lemak, gula, atau makanan yang digoreng. Jenis makanan tersebut dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah lesu ketika berpuasa serta memicu kenaikan berat badan yang tidak sehat.

BACA JUGA:Hasil Draw Liga Champions 2024, Jadi Ajang Reuni Untuk Xavi dan Enrique

Berikut rekomendasi menu buka puasa sehat dan bernutrisi.

1. Kurma

Buah satu ini memang identik dengan bulan Ramadan. Buah yang memiliki cita rasa manis ini mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam sebuah kurma adalah karbohidrat sederhana.

Oleh karena itu, kurma mampu mengembalikan energi yang habis saat berpuasa. Buah kurma juga mengandung banyak serat yang berguna bagi tubuh. Serat dapat membantu lebih cepat kenyang, sehingga dapat mencegah makan berlebih.

2. Buah- buahan

Tak hanya kurma, kalian juga dapat melengkapi menu buka puasa dengan aneka buah lainnya seperti stroberi, semangka, dan kelengkeng. Buah sudah terkenal manfaatnya bagi tubuh. Dengan berbagai manfaat yang dibawanya, tubuh akan menjadi lebih sehat meski berpuasa.

BACA JUGA:Drawing Perempat Final Liga Champions 2024, Real Madrid Bakal Ketemu Manchester City!

Dengan mengonsumsi buah saat berbuka puasa dan sahur, kalian bisa mendapatkan tenaga tambahan untuk hari puasa berikutnya. Buah-buahan juga mudah diolah, bisa dikonsumsi langsung maupun menjadi salad, sop buah, hingga kolak.

3. Air Mineral

Sumber: