Apakah Batal Jika Menangis Saat Puasa, Simak Baik-Baik Begini Penjelasan Selengkapnya

Apakah Batal Jika Menangis Saat Puasa, Simak Baik-Baik Begini Penjelasan Selengkapnya

Apakah Batal Jika Menangis Saat Puasa, Simak Baik-Baik Begini Penjelasan Selengkapnya!--DOK/Net

Apakah Batal Jika Menangis Saat Puasa, Simak Baik-Baik Begini Penjelasan Selengkapnya

RK ONLINE - Setiap orang pasti pernah menangis. Biasanya, seseorang menangis saat memikirkan hal yang menyedihkan atau saat merasakan sakit. Bahkan tak jarang saat bertaubat seseorang juga menitikkan air matanya.

Oleh karena itu, menangis merupakan hal yang normal dilakukan setiap orang. Akan tetapi, bagaimana hukum menangis saat puasa? Apakah bisa membuat puasa seseorang batal?

BACA JUGA:Puasa Tapi Malah Jadi Tidak Produktif, Ini 5 Tips Mengilangkan Rasa Ngantuk Saat Puasa

Salah satu dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Surakarta, Sulhani Hermawan, M. Ag. menjelaskan, menangis memanglah hal yang lumrah. Tak jarang seseorang juga merasa kesulitan untuk menahan tangis. Menangis juga bisa menjadi suatu hal yang baik, jika dilakukan saat seseorang tengah bertaubat. Seringkali seseorang akan menangis saat melakukan introspeksi diri dan menyadari dosa-dosa yang telah diperbuatnya. Sebagaimana tercantum dalam hadits riwayat Bukhari.

"Demi Dzat dari Muhammad yang berada di tanganNya, kalaulah kalian mengetahui apa yang aku ketahui, tentu kalian akan banyak menangis dan sedikit tertawanya." (HR. Bukhari)

BACA JUGA:PNS dan THL Diburu Satpol PP Kepahiang!

Namun apakah benar menangis saat tengah menjalani puasa, akan membuat puasa kita batal? simak penjelasannya berikut ini:

Menangis tidak termasuk ke dalam perbuatan yang dapat membatalkan puasa. Namun berbeda lagi jika air mata tersebut masuk ke dalam mulut dan bercampur dengan air liur hingga tertelan, maka dapat mengakibatkan puasa seseorang batal. Meskipun menangis tidak membatalkan puasa, seseorang disarankan untuk tidak menangis tanpa sebab yang pasti. Mengutip laman Universitas Islam An Nur Lampung, puasa hendaknya dijalankan dengan suka cita dengan berharap ridha Allah SWT.

Menangis secara berlebihan tanpa alasan yang jelas dapat mengurangi pahala puasa seseorang. Menangis juga bisa mengganggu konsentrasi ibadah lainnya selama puasa, seperti shalat, tadarus Al-Quran, dzikir dan lain sebagainya. Akan tetapi bagi orang yang menangis dalam rangka bertaubat atau mendekatkan diri kepada Allah, maka hal itu justru dianjurkan sebab mendatangkan pahala yang besar.

BACA JUGA:Program Desa Bisa Dianggap Ilegal Tanpa BPD

Adapun beberapa hal yang dapat membatalkan puasa, meliputi:

1. Makan dan Minum Secara Sengaja. Makan dan minum secara sengaja termasuk ke dalam hal-hal yang membatalkan puasa

2. Melakukan Hubungan Intim

Sumber: