Puasa Tapi Malah Jadi Tidak Produktif, Ini 5 Tips Mengilangkan Rasa Ngantuk Saat Puasa

Puasa Tapi Malah Jadi Tidak Produktif, Ini 5 Tips Mengilangkan Rasa Ngantuk Saat Puasa

Puasa Tapi Malah Jadi Tidak Produktif, Ini 5 Tips Mengilangkan Rasa Ngantuk Saat Puasa--DOK/Net

Puasa Tapi Malah Jadi Tidak Produktif, Ini 5 Tips Mengilangkan Rasa Ngantuk Saat Puasa

RK ONLINE - Saat berpuasa, kita semua berharap dapat memaksimalkan aktivitas dengan baik. Namun nyatanya bagi sebagian orang, saat menjalani puasa malah membuatnya sering merasa ngantuk hingga melemahkan tingkat produktivitasnya. 

Pada dasarnya, penyebab utama seseorang mudah mengantuk saat berpuasa adalah adanya perubahan pola atau siklus tidur. 

Selama bulan puasa, kita perlu bangun lebih pagi untuk menyiapkan sahur sehingga kerap membuat jam tidur menjadi berkurang.

BACA JUGA:PNS dan THL Diburu Satpol PP Kepahiang!

Perlu diketahui bahwa jam tidur yang lebih pendek dapat mengurangi durasi tahap tidur pulas atau rapid eye movement (REM). Hal ini bisa menyebabkan seseorang lebih mudah mengantuk pada pagi harinya.

Selain itu, puasa juga mengharuskan seseorang untuk menahan lapar dan haus dalam jangka waktu tertentu yang mana, hal ini bisa menyebabkan tubuh terasa lemas dan lebih mudah mengantuk. 

Nah kali ini Radarkepahiang.id telah merangkum sejumlah tips untuk menghilangkan rasa ngantuk saat puasa. Penasaran? berikut ulasan selengkapnya:

BACA JUGA:Program Desa Bisa Dianggap Ilegal Tanpa BPD

1. Memperbanyak Minum Air Putih saat Sahur dan Berbuka Puasa

Cara agar tidak ngantuk saat puasa yang pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka puasa. Pasalnya, kurangnya asupan cairan tubuh bisa menyebabkan dehidrasi yang membuat proses metabolisme tubuh tidak bekerja secara optimal. 

Akibatnya, tubuh menjadi kekurangan energi yang membuat seseorang cenderung mudah merasa lelah dan mengantuk.

Untuk mencegah dehidrasi saat puasa, Anda bisa minum air putih dengan pola 2-4-2, yaitu mengonsumsi 2 gelas air putih saat berbuka puasa, 4 gelas air putih di malam hari hingga menjelang sahur, serta 2 gelas air putih saat sahur.

 

Sumber: