Uji Coba Tol Tanpa Gerbang, Antrean dan Transaksi Tanpa Sentuhan Gagal

Uji Coba Tol Tanpa Gerbang, Antrean dan Transaksi Tanpa Sentuhan Gagal

Uji Coba Tol Tanpa Gerbang, Antrean dan Transaksi Tanpa Sentuhan Gagal/--bpjt.pu.go.id

 

"Hadapannya, jika MLFF ini sudah beroperasi sepenuhnya dan kendaraan tidak terdaftar atau tidak memiliki deposit, maka kendaraan tidak akan bisa masuk dan akan dikenai denda," jelas Hedy.

BACA JUGA:Ini 10 Ruas Jalan Tol Gratis Selama Periode Mudik Lebaran Tahun 2023, Cek Daftar Tarif Tol Diskon 20 Persen!

Namun saat dilakukannya Uji coba Multi Lane Free Flow (MLFF) atau sistem transaksi tol tanpa sentuhan mengalami kegagalan teknologi di Gerbang Tol Ngurah Rai, Jalan Tol Bali Mandara. 

 

Uji coba terbatas pada Jumat, 15 Desember 2023 tersebut dianggap gagal oleh Koordinator Presidium Koalisi Masyarakat Peduli Tol Indonesia (KAMTI), Sahrul RM. Dia mengkritik bahwa banyak mobil terkena palang tol.

 

"Uji coba oleh PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) menggunakan aplikasi Cantas untuk membuka palang ternyata gagal,"kata Sahrul.

BACA JUGA:Ini Penegasan Presiden Jokowi Terkait Pembangunan Tol Bengkulu dan Tol Trans Sumatra, Ada 30 Ruas Jalan Tol!

Menurut Sahrul, aplikasi Cantas yang diuji coba oleh PT RITS tidak dapat menjaga sinkronisasi dengan baik, menyebabkan sejumlah kendaraan tertimpa palang tol.

 

Direktur Utama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS), Attila Keszeg, menanggapi video uji coba yang menunjukkan beberapa kendaraan tertimpa palang tol dengan menyatakan bahwa uji coba MLFF berjalan dengan baik.

 

"Hasil yang baik tergantung pada pembayaran tol atau pendaftaran di aplikasi Cantas. Keberhasilan uji coba juga tergantung pada performa komponen yang diuji,"ujarnya.

BACA JUGA:Dijamin Aman, Ini 4 Tips Mudah Agar Karpet Tidak Geser dan Tetap Rapi

Sumber: