Uji Coba Tol Tanpa Gerbang, Antrean dan Transaksi Tanpa Sentuhan Gagal

Uji Coba Tol Tanpa Gerbang, Antrean dan Transaksi Tanpa Sentuhan Gagal

Uji Coba Tol Tanpa Gerbang, Antrean dan Transaksi Tanpa Sentuhan Gagal/--bpjt.pu.go.id

Uji Coba Tol Tanpa Gerbang, Antrean dan Transaksi Tanpa Sentuhan Gagal

RK ONLINE - Teknologi Multi Lane Free Flow (MLFF) mengubah cara pembayaran tol dengan tanpa sentuhan, menghilangkan antrean yang biasa terjadi saat penggunaan uang kartu. Gerbang tol yang menjadi loket pembayaran akan dihapus karena kendaraan tak perlu berhenti.

 

MLFF bekerja dengan cara mengidentifikasi pelat nomor kendaraan saat memasuki jalan tol menggunakan kamera Automatic Number Plate Recognition (ANPR). Aplikasi di ponsel pengguna kendaraan akan secara otomatis memotong saldo sesuai dengan tarif yang berlaku. Teknologi ini memanfaatkan Global Positioning Satellite (GPS) yang terhubung ke ponsel pengguna melalui aplikasi.

BACA JUGA:Bus Atlet Taekwondo Asal Bengkulu Kecelakaan di Tol Lampung, 6 Luka-Luka 1 Meninggal Dunia!

Direktur Jenderal Bina Marga, Hedy Rahadian, menjelaskan bahwa MLFF bertujuan untuk mengurangi delay di jalan tol dan memperpendek waktu tempuh. Selain itu, teknologi ini juga memungkinkan penerapan tarif yang adil, sesuai dengan jarak yang ditempuh pengguna.

 

"MLFF menghilangkan barrier, gerbang tol, dan menerapkan tarif tol sesuai dengan jarak yang ditempuh pengguna," ujar Hedy.

 

Menurut Hedy, penggunaan aplikasi MLFF memerlukan kedisiplinan pengguna. Kendaraan yang tidak terdaftar atau tidak memiliki saldo yang cukup akan dikenakan denda.

BACA JUGA:9 Hal Yang Harus Dihindari Saat Berkendara Dijalan Tol

"Pemilik kendaraan harus disiplin, nomor kendaraan harus terdaftar. Konsep ini memerlukan kerja sama yang baik dari berbagai pemangku kepentingan karena membutuhkan tingkat kedisiplinan yang lebih tinggi daripada konsep saat ini," tambahnya.

 

Meskipun sedang diuji coba di jalan tol Bali Mandara, implementasi MLFF masih menggunakan palang untuk menyortir pengguna.

Sumber: