Ternyata Salah, Jangan Rebus Daun Obat Herbal Jika Mau Berkhasiat, dr Cahyono Sebut Cara yang Baik dan Benar

Ternyata Salah, Jangan Rebus Daun Obat Herbal Jika Mau Berkhasiat, dr Cahyono Sebut Cara yang Baik dan Benar

Cara mengolah obat herbal agar tetap berkhasiat menurut dr Cahyono jangan direbus--Istimewah

Ternyata Salah, Jangan Rebus Daun Obat Herbal Jika Mau Berkhasiat, dr Cahyono Sebut Cara yang Baik dan Benar

RK ONLINE - Kesalahan dalam mengolah daun berkhasiat sebagai obat herbal, ternyata dapat menghilangkan khasiat dan gagal menyembuhkan penyakit. Bahkan kesalahan dalam mengolah daun obat herbal juga dapat berdampak dengan munculnya penyakit baru seperti ginjal. Karena khasiatnya sudah hilang dan hanya meninggalkan ampasnya saja. 

BACA JUGA:Termasuk Tembakau, dr Zaidul Akbar Ungkap Tanaman di Sekitar Rumah Ini Ampuh Mencegah dan Mengobati Kanker

Ini diungkapkan langsung oleh Ahli Obat Herbal Holistic, dr. Cahyono yang dilansir dari channel YouTube Snack Video. dr Cahyono ini sendiri, merupakan salah satu dokter terkemuka di Indonesia.

 

"Jadi jika kita mau menggunakan pengobatan dengan obat herbal berupa daun yang memgandung khasiat penyembuhan satu penyakit, jangan direbus. Karena cara demikian dapat merusak khasiat daun yang dimaksud. Jadi jangan direbus," ujar dr Cahyono dengan tegas. 

BACA JUGA:BAB Berdarah Karena Maag Kronis, Tenang Ahli Kesehatan dr. Zaidul Akbar Sebut Tumbuhan Ini Obatnya

Menurutnya jika mau memanfaatkan daun sebagai obat herbal, lebih baik daunnya dijemur dengan memanfaatkan atau menggunakan cahaya matahari sampai kering. Setelah mengering, daun obat herbal tersebut bisa dimasukan dalam oven selama 5 menit saja untuk membuat keringnya sempurna. 

 

"Selanjutnya blender daun kering tersebut hingga menjadi halus lalu diayak bubuknya dan simpan dalam toples. Nah mengkonsumsinya dengan cara diseduh menggunakan air hangat bukan air panas. Karena kalau air panas yang mendidih kan suhunya lebih dari 100 derajat, dapat mematikan unsur senyawa dari daun obat herbal terbut. Jadi cukup dengan air hangat. Baru kemudian setelah diseduh langsung diminum," jelasnya. 

BACA JUGA:Bukan Digoreng! Ini Resep Mengolah Tempe dan Telur yang Baik dan Benar Meurut dr Zaidul Akbar

Dijelaskan oleh dr Cahyono kalau daun-daun obat herbal tersebut selain berkhasiat juga terkandung unsur-unsur lainnya seperti racun dan getah. Jika salah dalam mengolah bahan obat herbal ini, malah membahayakan yang meminum atau memakannya. 

 

"Yaitu tadi, bisa merusak ginjal atau gagal ginjal nantinya. Karena tanaman itu terkadang tumbuh di tempat yang tidak bagus, kena polusi dan lainnya," demikian dr Cahyono.

Sumber: