Kenali Tanda-Tanda Ibu Hamil akan Melahirkan Dengan Baik

Kenali Tanda-Tanda Ibu Hamil akan Melahirkan Dengan Baik

Ilustrasi Persalinan--DOK/Net

7. Sulit tidur

Ibu juga menjadi sulit tidur saat waktu persalinan semakin dekat. Alasannya, bayi yang semakin besar akan menekan kandung kemih. Hal ini lah yang membuat bumil menjadi sulit tidur. 

Maka dari itu, saat ada waktu dan kesempatan untuk tidur, pastikan ibu melakukannya agar tubuh tetap sehat dan cukup energi saat melahirkan.

BACA JUGA:Ibu Tertua Asal India, Usia 74 Tahun Hamil dan Melahirkan Anak

 

8. Kehilangan sumbat lendir dan perubahan keputihan 

Tahukah ibu kalau, Keputihan Bisa Menjadi Tanda-Tanda Mau Melahirkan? Cairan tersebut dapat keluar dalam jumlah yang banyak dan terlihat mirip dengan lendir di hidung. Meski begitu, ada wanita yang tidak mengalaminya hingga waktunya melahirkan.

Keputihan yang semakin tebal dan pekat juga menjadi salah satu tanda melahirkan. Jika keputihan sudah berwarna merah muda, ini bisa mengindikasikan kalau waktu persalinan akan segera terjadi. 

 

9. Kontraksi lebih sering

Kontraksi adalah tanda tanda melahirkan yang aktif. Ibu dapat mengalami kontraksi Braxton Hicks (atau "kontraksi latihan") selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan sebelum melahirkan. 

Kontraksi ini terjadi saat otot-otot di rahim menegang sebagai persiapan untuk mendorong bayi keluar. Lantas, bagaimana cara membedakan kontraksi palsu dan tidak? Perhatikan tanda-tanda ini:

Jika ibu mengubah posisi, kontraksi persalinan tidak akan hilang, tetapi kontraksi palsu atau Braxton Hicks sering hilang. Kontraksi palsu bisa datang dan pergi tanpa namun tidak intens.

Kontraksi nyata berkembang menjadi lebih teratur dan menyakitkan. Intensitasnya cenderung meningkat seiring berjalannya waktu.

 

Sumber: