Kenali Tanda-Tanda Ibu Hamil akan Melahirkan Dengan Baik

Kenali Tanda-Tanda Ibu Hamil akan Melahirkan Dengan Baik

Ilustrasi Persalinan--DOK/Net

 

3. Mengenjan

Apabila dokter menyatakan pembukaan serviks sudah lengkap atau telah mencapai pembukaan 10, artinya ibu sudah siap untuk mengejan. Sebelum timbul keinginan mengenjang, kontraksi yang kuat umumnya mendorong bayi secara otomatis. 

Dokter dan perawat akan memandu ibu kapan harus menarik napas dan membuangnya saat mengejan. Lamanya proses persalinan bisa berbeda-beda tergantung kondisi ibu.

Pada beberapa kasus, dokter bisa melakukan episiotomi atau gunting vagina untuk mempercepat jalannya proses kelahiran. Episiotomi adalah sayatan di bagian perineum untuk memperlebar vagina sehingga memudahkan proses keluarnya bayi. 

Untuk meringankan rasa sakit, dokter umumnya akan memberikan bius lokal. Setelah bayi dilahirkan, dokter kemudian akan menjahit bagian tersebut.

Supaya persalinan berjalan normal, ibu bisa membaca tips yang ada pada artikel berikut ini Ini 7 Tips Melahirkan Normal yang Perlu Diketahui.

Atau ibu juga bisa bertanya pada dokter di Halodoc untuk tahu tips supaya persalinan berjalan dengan normal dan aman.

 

4. Mengeluarkan plasenta

Tahap terakhir dari persalinan adalah mengeluarkan plasenta yang telah menjaga bayi selama di dalam kandungan. Jadi, setelah ibu berhasil melahirkan Si Kecil, otot masih terus berkontraksi untuk mengeluarkan plasenta.

Sumber: