Kenali Tanda-Tanda Ibu Hamil akan Melahirkan Dengan Baik

Kenali Tanda-Tanda Ibu Hamil akan Melahirkan Dengan Baik

Ilustrasi Persalinan--DOK/Net

RK ONLINE  - Bagi ibu yang baru pertama kali hamil pasti bertanya-tanya bagaimana rasanya melahirkan, berapa lama, dan seperti apa tanda-tandanya. Jawabannya bisa berbeda-beda sebab setiap wanita dapat mengalami pengalaman yang berbeda.

 

Selain itu, proses persalinan setiap wanita juga bisa berbeda-beda. Ada ibu yang melahirkan lewat vagina (normal) dan ada pula yang harus menjalani operasi caesar karena dinilai lebih aman. Namun, mayoritas wanita mengharapkan bisa melahirkan secara pervaginam.

 

Nah, ada berbagai tanda-tanda melahirkan normal yang bisa ibu kenali dikutip di Hellodoc. Dengan begitu, ibu dapat dengan segera melakukan tes atau pergi ke klinik terdekat. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini!

 

Tanda-Tanda Melahirkan

Sebenarnya, ibu bisa mulai merasakan tanda-tanda melahirkan mulai dari satu bulan sebelum hari perkiraan lahir. Tanda-tanda ini akan semakin jelas saat waktu persalinan semakin dekat.

Berikut beberapa tanda yang bisa ibu kenali:

1. Bayi “turun”

Salah satu ciri yang bisa ibu kenali, yaitu mulai merasakan bayi turun ke panggul. Tanda-tanda melahirkan ini biasanya terjadi sekitar dua hingga empat minggu sebelum persalinan.

Bayi yang menurun ke perut bawah ini dapat membuat ibu bernapas lebih lepas karena menjauhi paru-paru. Namun, pada ibu yang sudah pernah melahirkan mungkin tidak akan terlalu merasakannya. 

 

2. Pelebaran leher rahim

Sumber: