Kenali Tanda-Tanda Ibu Hamil akan Melahirkan Dengan Baik

Kenali Tanda-Tanda Ibu Hamil akan Melahirkan Dengan Baik

Ilustrasi Persalinan--DOK/Net

Bagian leher rahim akan mulai melebar dalam hitungan hari atau minggu sebelum melahirkan. Dokter dapat menilai pelebaran ini melalui pemeriksaan internal untuk memperkirakan seberapa lama lagi persalinan terjadi. 

BACA JUGA:8 Tradisi Unik Hamil dan Melahirkan di Seluruh Dunia Yang Bikin Merinding

 

3. Peningkatan kram dan nyeri punggung

Tanda melahirkan lain yang mungkin ibu rasakan adalah kram dan nyeri di punggung bawah yang semakin terasa. Pasalnya, otot dan persendian akan meregang dan bergeser sebagai persiapan untuk kelahiran. Hal ini ini biasanya terjadi pada wanita yang baru pertama kali melahirkan.

 

4. Sendi terasa lebih longgar

Ibu juga dapat mengalami sendi yang terasa lebih longgar. Hal ini disebabkan hormon relaxin yang membuat ligamen sedikit mengendur. Proses ini memang akan terjadi untuk membuka panggul agar bayi lebih mudah untuk dilahirkan.

 

5. Diare

Tak banyak yang tahu kalau diare juga bisa menjadi salah satu proses melahirkan semakin dekat. Otot-otot yang semakin mengendur membuat rektum sulit menahan keluarnya tinja. Hal ini sangat normal dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

 

6. Berhenti mengalami penambahan berat badan 

Kenaikan berat badan umumnya berhenti di akhir kehamilan. Beberapa ibu bahkan kehilangan beberapa kilogram. Faktanya, hal ini normal dan tidak akan memengaruhi berat lahir bayi. Berat bayi masih bisa bertambah, tetapi bobot ibu turun karena cairan ketuban yang semakin sedikit. 

 

Sumber: