3 Ketua Forum Kades Mencalonkan Diri Dalam Pemilu 2024, Bupati Kepahiang: Mundur!

3 Ketua Forum Kades Mencalonkan Diri Dalam Pemilu 2024, Bupati Kepahiang: Mundur!

Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU--Istimewah

3 Ketua Forum Kades Mencalonkan Diri Dalam Pemilu 2024, Bupati Kepahiang: Mundur!

RK ONLINE - Keputusan 3 ketua forum Kades di Kepahiang yang berencana untuk mencalonkan diri sebagai calon legislatip pada Pemilu 2024 mendatang, sudah tercium oleh Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU.

BACA JUGA:CAMKAN! Ini Instruksi Presiden Jokowi Untuk Kementerian dan Pemerintah Daerah

Bahkan kepada Radarkepahiang.id, bupati Kepahiang ini langsung menanggapi keputusan 3 ketua forum Kades di Kepahiang yang memutuskan untuk mencalonkan diri ini.

 

Bupati Kepahiang mengatakan jika Kades diperbolehkan mencalonkan diri dan ikut menjadi peserta dalam Pileg 2024 mendatang. Namun menurut Hidayattullah, jika nanti sudah ada penetapan dari KPU terkait Bakal Calon (Balon) legislatif, ketua forum Kades yang bersangkutan harus mundur dari jabatannya.

 

"Iya boleh saja nyaleg, nanti akan ada tahapan dan mekanismenya. Kalau mereka sudah ditetapkan oleh KPU maju sebagai Bakal Calon, sudah seharusnya yang bersangkutan mundur dari jabatannya sebagai ketua forum Kades bahkan sebagai Kades itu sendiri," ujar bupati.

BACA JUGA:Satgas Saber Pungli Cium Indikasi Pungli di Objek Wisata Saat Libur Lebaran

Disinggung terkait kemungkinan penyalahgunaan DD ADD yang beresiko digunakan untuk kepentingan kampanye, bupati mengatakan bahwa ini adalah ranahnya penegak hukum. Apabila memang ada indikasi penyalahgunaan DD ADD, maka yang bersangkutan harus siap-siap mempertanggungjawabkan perbuatannya.

 

"Kalau itu kita serahkan ke penegak hukum saja, jika memang DD ADD disalahgunakan maka sudah pasti ada konsekuensinya," lanjutnya.

 

Sementara itu diketahui bahwa sebelumnya sebanyak 3 orang kades di Kabupaten Kepahiang yang juga merupakan Ketua Forum di masing-masing kecamatannya, diketahui mengikuti tahapan seleksi Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Pemilu tahun 2024. Para kades itu tampak mengikuti tes kejiwaan di Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSJKO) Soeprapto Provinsi Bengkulu, Sabtu 6 Mei 2023.

Sumber: