Simak, Ini Daftar Lengkap Syarat Menjadi Anggota Paskibraka 2023!

Simak, Ini Daftar Lengkap Syarat Menjadi Anggota Paskibraka 2023!

Terdapat berbagai syarat menjadi anggota Paskibraka yang harus dipenuhi peserta seleksi Paskibraka/Foto: Paskibraka Pemkot Bengkulu saat pengibaran bendera hari kemerdekaan.--Radarkepahiang.id

 

Kemudian untuk seleksi, ada beberapa seleksi yang wajib diikuti peserta seleksi Paskibraka yakni:

 

1. Baris Berbaris

Pada tahap seleksi tingkat kabupaten, provinsi bahkan tingkat nasional, peserta seleksi Paskibraka wajib mengetahui tentang pengetahuan dan kemampuan Paskibraka dalam baris-berbaris.

Tidak hanya itu, dalam seleksi ini merupakan wujud latihan fisik guna menanamkan disiplin, patriotisme, tanggung jawab serta membentuk sikap lahir dan batin yang diarahkan pada suatu pewatakan tertentu.

BACA JUGA:Diiringi Kabupaten Seluma! Tragedi Gempa Turki Terulang Kembali, Belasan Korban Meninggal Dunia dan Luka-luka

2. Psikotes

Psikotes berisi materi penilaian kemampuan psikologi pribadi setiap calon anggota Paskibraka.

 

3. Kesehatan

Hal yang terpenting yakni mengetahui kesehatan calon anggota Paskibraka yang mana, hal ini dilakukan untuk mengetahui metabolisme organ dalam calon anggota Paskibraka. Ini bertujuan agar tidak terjadi hal yang tidak dinginkan pada saat pengibaran bendera pusaka. Misalnya jatuh pingsan dan kondisi tidak fit.

 

4. Postur Tubuh 

Untuk tahap seleksi postur tubuh, calon anggota Paskibraka harus melalui rangkaian pemeriksaan dan juga menyertakan hasil Computed Tomography (CT) scan.

Sumber: