Simak, Ini Daftar Lengkap Syarat Menjadi Anggota Paskibraka 2023!

Simak, Ini Daftar Lengkap Syarat Menjadi Anggota Paskibraka 2023!

Terdapat berbagai syarat menjadi anggota Paskibraka yang harus dipenuhi peserta seleksi Paskibraka/Foto: Paskibraka Pemkot Bengkulu saat pengibaran bendera hari kemerdekaan.--Radarkepahiang.id

RK ONLINE - Menjadi anggota Paskibraka, bukanlah merupakan hal yang gampang. Selain memang memiliki berbagai macam syarat, terdapat tahapan seleksi yang harus diikuti oleh calon Paskibraka.

 

Paskibraka pertama sejatinya muncul ketika Presiden ke-1 Republik Indonesia, Soekarno memproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

 

Kala itu, tepat setelah Soekarno membacakan Teks Proklamasi, bendera pusaka Sang Merah Putih dikibarkan oleh tiga orang pemuda. Mereka adalah Latief Hendraningrat, Suhud Sastro Kusumo dan S.K Trimurti. Peristiwa inilah yang menjadi cikal bakal sejarah Paskibraka di Indonesia. 

BACA JUGA:Kasus Penikaman Warga Kelobak dan Daspetah, Penjaga Biliar Ditetapkan Tersangka 3 Sepupunya Berstatus DPO

Menjadi anggota Paskibraka tingkat nasional adalah impian banyak anak muda. Setiap kali upacara pengibaran bendera  17 Agustus, semua mata yang menyaksikannya akan terpukau oleh gagahnya anggota Paskibraka yang bertugas mengibarkan bendera merah putih kebanggaan seluruh bangsa Indonesia. 

 

Selain itu langkah kaki dan gerak tangan yang serentak dengan berbagai variasi, acap kali membuat yang menyaksikannya terkagum-kagum hingga terharu. Dengan menyaksikan pengibaran bendera oleh anggota Paskibraka juga dapat membangkitkan semangat nasionalisme masyarakat Indonesia. 

BACA JUGA:SEPAKAT! Penghapusan STNK Kendaraan Mati Pajak Otomatis Bodong Diberlakukan 2023

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh pelajar yang berminat dan memiliki cita-cita menjadi anggota Paskibraka tingkat nasional. Salah satunya yang paling utama adalah bergabung sebagai anggota Paskibraka sekolah. Dari sini jika memang memiliki potensi, anggota Paskibraka sekolah akan ditunjuk untuk mengikuti seleksi Paskibraka tingkat kabupaten kota.

 

Kemudian setelah berhasil lolos dalam seleksi dan berhasil menjadi bagian dari anggota Paskibraka kabupaten kota, masing-masing akan diikutsertakan dalam seleksi Paskibraka tingkat provinsi. Pada tahap ini, biasanya Paskibraka kabupaten kota akan mengirimkan perwakilannya minimal 4 orang. Keempatnya merupakan anggota Paskibraka kabupaten kota yang dinilai paling berpotensi berdasarkan hasil evaluasi tim pembina Paskibraka di kabupaten kota.

BACA JUGA:Bisa Dapat Reward, Pendaftaran Calon Paskibraka 2023 Resmi Dibuka PPI Kabupaten Kepahiang!

Sumber: