ADD/DD Tahap I Bisa Cair Februari

ADD/DD Tahap I Bisa Cair Februari

Kadis PMD Kabupaten Kepahiang, Iwan Zamzam Kurniawan, SH mengatakan jika Dana Desa 2023 sudah bisa dicairkan pekan depan. --Radarkepahiang.id

 

"Kalau untuk besaran DD, itu sudah diketahui seluruh desa, karena yang mengatur besarannya langsung Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Mudah-mudahan saja pada Februari mendatang, sesuai dengan target kita, desa sudah bisa mengusulkan pencairan ADD/DD tahap I," ucap Iwan.

 

 

BACA JUGA:Puluhan Desa Belum Pencairan DD ADD Tahap III

 

 

Untuk diketahui pada Tahun Anggaran (TA) 2023 ini gelontoran Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat untuk 105 desa di Kabupaten Kepahiang meningkat dari sebelumnya. Yakni DD tahun 2023 sebesar Rp 83 miliar atau naik Rp 5 miliar dari tahun 2022 yang sebesar Rp 78 miliar.

 

 

Sementara untuk kebijakan penggunaan DD, diketahui juga ada yang berubah. Karena di tahun 2023 ini Bantuan Langsung Tunai (BLT) 40 persen dari DD tidak wajib lagi. Hanya saja berbeda dengan program ketahanan pangan sebesar 20 persen yang masih diwajibkan.

 

 

Untuk program BLT-DD 40 persen yang sudah tidak diwajibkan lagi, pada tahun ini diganti dengan program penanggulangan kemiskinan ekstrim. Ini sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Republik Indonesia Nomor 4 tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Sumber: