4 Komoditas Dikembangkan Tahun Depan

4 Komoditas Dikembangkan Tahun Depan

DOK/RK : Kadis Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKp--

RK ONLINE - Hortikultura menjadi salah satu sektor pertanian potensial, yang mampu mendorong kesejahteraan petani hingga perekonomian daerah. Pengembangan hortikultura berorientasi ekspor menjadi salah satu program prioritas Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang pada tahun 2023 mendatang.

 

Dimana ada 4 komoditas yang akan dikembangkan yakni alpukat, cabai, bawang merah, dan jahe. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP Kamis (29/12) di ruang kerjanya.

 

Hernawan menyebutkan, tujuan program tersebut untuk meningkatkan produksi, kualitas, serta berkelanjutannya produk hortikultura. "Program yang jadi prioritas tahun depan, dilakukan melalui pengembangan kawasan sentra produksi komoditas unggulan, diarahkan untuk peningkatan ekspor melalui kerja sama kemitraan antara petani dan pelaku usaha," terang Hernawan.

 

Hanya saja, dijelaskan Hernawan, meski sudah mengetahui komoditas hortikultura yang akan dikembangkan tahun depan, pihaknya sejauh ini menunggu SK resmi pengelolaannya, sehingga belum dapar dirincikan luasan lahan dari masing-masing komoditas hortikultura tersebut.

 

BACA JUGA:Petani Dapat Pelatihan dari Bank Indonesia

 

"Sudah pasti itu ada 4 komoditas hortikultura yang kita dapat bantuannya untuk dikembangkan di Kabupaten Kepahiang. Berapa luas lahan serta anggarannya, kita masih menunggu SK dari kementerian," ujar Hernawan.

 

Dirinya menambahkan, melalui pengembangan hortikultura diharapkan masyarakat petani secara berkelanjutan mengembangkan tanaman tersebut. Dengan kata lain, nantinya dapat menjadikan benih untuk ditanam kembali. "Sehingga benih yang disalurkan kepada masyarakat petani berksinambungan," tutupnya.

Sumber: