Petani Dapat Pelatihan dari Bank Indonesia

Petani Dapat Pelatihan dari Bank Indonesia

DOK/RK : Kadis Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKp--

RK ONLINE - Para petani di Kabupaten Kepahiang mendapatkan pelatihan dan pembinaan langsung dari Bank Indonesia (BI). Dikatakan Kadis Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP melalui Kabid Hortikultura, Budi, Sp, dunia pertanian dan UMKM punya peranan yang sangat penting dalam perekonomian nasional maupun daerah.

 

Umumnya, tujuan dilakukannya pembinaan tersebut, dikatakan Budi, untuk mewujudkan petani unggulan di Kabupaten Kepahiang. Program ini, ucap dia, diciptakan untuk membantu para petani dalam mengembangkan kapasitas mereka.

 

"Agar para petani memiliki mindset yang lebih terarah, agar memiliki kemampuan yang lebih tajam untuk menyelesaikan persoalan bisnis yang dihadapi, sehingga bisa memecahkan masalah yang terbaik, berdasarkan hasil investigasinya. Untuk mencapai tujuan itu, kita mengikutsertakan petani di Kepahiang mengikuti pelatihan dan pembinaan dari Bank Indonesia," jelas Budi.

 

BACA JUGA:Beralih ke Tanaman Kopi Organik

 

Dengan mengikuti pelatihan itu, petani diharapkan mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan variatif, sehingga petani tidak hanya monoton dengan tanam dan panen saja, juga agribisnis pertanian yang juga harus dikuasainya.

 

"Jadi, SDM petani juga harus dimaksimalkan, peserta juga diharapkan menerapkan ilmu yang berikan terhadap lahan pertanian mereka. Tidak hanya produksi pertanian, tapi juga agribisnis pertanian," singkat Budi.

Sumber: