Diprediksi Mampu Saingi PT Freeport, Tambang Emas Bengkulu Satu Ini Dinilai Merugikan! Kenapa?

Diprediksi Mampu Saingi PT Freeport, Tambang Emas Bengkulu Satu Ini Dinilai Merugikan! Kenapa?

Tambang Emas Bengkulu satu ini diprediksi mampu saingi PT Freeport Indonesia/Foto: Ilustrasi tangkapan layar dari Bengkuluekspress--Bengkuluekspress

Ditambah lagi penurunan kualitas udara serta meningkatkan kebisingan karena aktivitas pertambangan.

BACA JUGA:Ini Sederet Fakta RUU ASN Tentang Pengangkatan Tenaga Kontrak dan Honorer Menjadi PNS Tanpa Tes!

Kemudian mengakibatkan peningkatan erosi tanah yang dapat berpotensi menimbulkan bencana ekologis serta memakan korban jiwa sampai pada hilangnya vegetasi flora dan fauna.

 

Perubahan persepsi masyarakat, hilangnya eksistensi sosial dan budaya, ancaman konflik antara manusia dengan hewan buas lantaran habitatnya yang terganggu.

 

 

Lagi pula jika merujuk kepada Perda No. 02 Tahun 2014 Tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah Provinsi Bengkulu (Pasal 48 Ayat (2), Kawasan tambang emas Bengkulu, berada di wilayah Kabupaten Lebong bukan di Kabupaten Seluma. Sehingga tidak heran kalau rencana penggarapan tambang emas Bengkulu satu ini yang diprediksi mampu saingi PT Freeport ini, dinilai dapat menabrak aturan yang sudah ditetapkan.

BACA JUGA:Ternyata di Bengkulu Ada Tambang Emas Sebesar Ini! Potensinya Bisa Saingi Freeport Loh

Ditambah lagi Wilayah rencana penambangan emas tersebut, masuk dalam Peta Indikatif Penundaan Izin Baru berdasarkan SK. 6559/MENLHK-PKTL/IPSDH/PLA.1/12/2017.

 

Wilayah rencana pembuatan tambang emas ini, merupakan Wilayah Cekungan Air Tanah yang seharusnya menjadi zona korservasi perlindungan air tanah untuk mewujudkan kemanfaatan air yang berkelanjutan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat sesuai dengan PERMEN ESDM No. 02 Tahun 2016 Tentang Cekungan Air Tanah Di Indonesia.

BACA JUGA:Ahli Hisap Harus Siap! 2023 Presiden Jokowi Melarang Penjualan Rokok Batangan

 

BACA JUGA:Jangan Sia-siakan, Mulai 2023 Pemegang Kartu KIS BPJS Bisa Dapat Saldo Dana Gratis dari Bansos Pemerintah

Sumber: