Ternyata di Bengkulu Ada Tambang Emas Sebesar Ini! Potensinya Bisa Saingi Freeport Loh

Ternyata di Bengkulu Ada Tambang Emas Sebesar Ini! Potensinya Bisa Saingi Freeport Loh

Provinsi Bengkulu memiliki potensi tambang emas yang potensinya bisa saingi PT Freeport yang ada di Papua/Foto: Ilustrasi tangkapan layar Sumeks.co--Sumeks.co

RK ONLINE - Provinsi Bengkulu tepatnya di wilayah administrasi Kecamatan Ulu Talo dan wilayah Kecamatan Semidang Alas (SA) atau Ulu Alas, ternyata terdapat potensi tambang emas yang potensinya dikabarkan, dapat saingi PT Freeport yang ada di Papua. 

 

Berada di dalam Hutan Lindung Bukit Sanggul Unit IV Kabupaten Seluma, saat ini potensi tambang emas terbesar di Provinsi Bengkulu ini masih dalam pengurusan izin Amdal yang dilakukan oleh PT Energi Swa Dinamika Muda (ESDM).

 

Dalam progres pengurusan izin Amdal ini, PT ESDM mengurusnya langsung ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Paslanya lokasi potensi tambang emas yang kabarnya bisa saingi Freport tersebut, berada di dalam kawasan hutan lindung. Sehingga membuat pemerintah daerah atau provinsi tidak lagi memiliki kewenangan terkait perizinan potensi tambang emas besar tersebut.

BACA JUGA:Kok Bisa Tajir Melintir, Ternyata Tunjangan PNS Ratusan Juta! Berikut Daftar Lengkap Gaji dan Tunjangan PNS

"Mengenai progres PT yang bakal berinvestasi dengan potensi tambang emas yang ada di Seluma, untuk saat ini masih berproses untuk pengurusan Amdal. Karena lokasi potensi tambang emas ini ini, berkaitan dengan status hutan lindung yang akan di eksplorasi," terang Kadis LHK Seluma, Sudarman, SP yang dilansir melalui Radarseluma.com.

 BACA JUGA:Di Depan DPR RI MenPAN-RB Bahas RUU ASN Pengangkatan PNS Tanpa Tes, Anas: Berhentikan Semuanya?

Dikatakan Sudarman kalau Berdasarkan penelitian dalam kontrak karya oleh PT Perisai Prima Utama dan  PT Berik Servis Internasional di 4 kabupaten yang terdiri dari Kabupaten Seluma, Bengkulu Selatan, Kaur dan Empat Lawang dengan luas kurang lebih 240.000 Ha, hasilnya mengerucut di Kabupaten Seluma. Berbatasan langsung dengan Kabupaten Empat Lawang, prospek kandungan potensi tambang emas ini sekitar 31.00 Ha. 

BACA JUGA:Simpel dan Mudah Dipenuhi, Ini Syarat Lengkap Permohonan Pensiun dini PNS!

Akan tetapi diketahui jika sebelumnya, PT Berik Servis Internasional mengundurkan diri lantaran terkendala dengan statusnya yang masuk dalam kawasan Hutan Lindung. Sebab hasil penelitian sementara, lokasi tersebut harus berupa pertambangan terbuka. Sedangkan lapisan di atas bebatuan membuat potensi tambang emas ini tidak bisa melalui terowongan. 

BACA JUGA:Viral! Mahar Kurang Rp 700 Ribu H-1 Pernikahan Dibatalkan, Calon Pengantin Menghilang Usai Banting Pintu

Kemudian PT ESDM sendiri sampai saat ini masih mengajukan pencanangan wilayah untuk kemudian ditingkatkan menjadi izin eksplorasi. Terakhir sosialisasi persiapan Amdal dan izin kawasan Hutang Lindungan di Kementerian LHK.

 

Sumber: radarseluma.com