Ternyata di Bengkulu Ada Tambang Emas Sebesar Ini! Potensinya Bisa Saingi Freeport Loh

Ternyata di Bengkulu Ada Tambang Emas Sebesar Ini! Potensinya Bisa Saingi Freeport Loh

Provinsi Bengkulu memiliki potensi tambang emas yang potensinya bisa saingi PT Freeport yang ada di Papua/Foto: Ilustrasi tangkapan layar Sumeks.co--Sumeks.co

"Kegiatan itu tidak bisa dilaksanakan jika status hutannya tidak diturunkan," sambung Sudarman.

 

Untuk diketahui jika PT ESDM ini memiliki lahan seluas 30.010 Ha yang berada di wilayah adminitrasi Kabupaten Seluma yang status ekplorasinya sudah ada sejak 2010 lalu. Sementara untuk PT Perisai Prima Utama, memiliki luasan 64,964 Ha yang berada di Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumsel, sudah mengantongi izin eksplorasi yang diperoleh pada tahun 2014 lalu.

 BACA JUGA:Ini Sederet Fakta RUU ASN Tentang Pengangkatan Tenaga Kontrak dan Honorer Menjadi PNS Tanpa Tes!

Pasal 10 Ayat (7) PerMen LHK RI No P.7/Menlhk /Setjen/Kum.1/2/2019 tentang Perubahan atas Permen LHK Tahun 2018 tentang Pedoman pinjam pakai kawasan hutan menyebutkan jika Kuota Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) bagi kegiatan pertambangan mineral dan batubara pada kawasan hutan lindung, hanya 10% dari luasan kelompok Hutan Lindung yang bersangkutan. Sementara saat ini diketahui jika dua perusahaan ini, melakukan perizinan IPPKH agar dapat meningkatkan statusnya menjadi eksploitasi.

 

"Berkaitan dengan luas lokasi yang berpotensi menjadi tambang emas, menurut mereka ada tiga titik. Yakni di wilayah Ulu Alas, Ulu Talo dan titik ke tiga di wilayah Lubuk Resam," jelasnya.

 

Berdasarkan kabar yang beredar kalau potensi tambang emas di beberapa lokasi tersebut, diprediksi sangatlah besar. Bahkan saking besarnya, potensi tambang emas ini dapat saingi tambang emas yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia yang berlokasi di Timika, Papua. 

 BACA JUGA:Kok Bisa Tajir Melintir, Ternyata Tunjangan PNS Ratusan Juta! Berikut Daftar Lengkap Gaji dan Tunjangan PNS

Di sisi lainnya pada tahun 2018 lalu, PT Energi Swa Dinamika Mandiri juga melakukan pengurusan proses izin eksploitasi dan kini, diketahui tengah mengurus izin Amdal di Kementerian LHK. Bersamaan dengan itu, pesaingnya PT Perisai Prima Utama (PPU) yang merupakan perusahaan milik mantan Ketua DPR RI, Setiya Novanto melakukan proses eksplorasi dari Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan.

 

Artikel ini sebelumnya sudah diterbitkan oleh Radarseluma.com dengan judul: Benarkah? Tambang Emas di Seluma Bisa Saingi Freport

Sumber: radarseluma.com