Usul Benih ke BPTP

Usul Benih ke BPTP

DOK/RK : Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP--

RK ONLINE - Menindak lanjuti kondisi gagal panen padi sawah yang dialami para petani akibat banjir yang melanda Desa Pagar Agung Kecamatan Bermani Ilir, Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang pun langsung bergerak mengusulkan bantuan benih padi ke BPTP Provinsi Bengkulu. Hal ini lantaran Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang tidak memiliki persediaan benih padi.

Kadis Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP menjelaskan, instansi yang dipimpinnya sudah mengintruksikan Bidang Tanaman Pangan untuk berkoordinasi ke BPTP Provinsi Bengkulu terkait usulan bantuan tersebut. Karena baru diusulkan, belum dapat dipastikan kapan bantuan benih padi pada petani terdampak banjir akan didistribusikan.

"Luasan sawah yang terdampak banjir kita ketahui dan kebutuhan benih padi juga sudah dihitung. Akan tetapi karena daerah tidak ada persediaan benih, makanya Bidang Tanaman Pangan sudah koordinasi ke BPTP Provinsi Bengkulu terkait usulan itu. Mudah-mudahan ada jawaban dalam waktu dekat," jelas Hernawan.

 

BACA JUGA:Ada 699 Poktan Calon Penerima BLT-BBM

 

Dia melanjutkan, bantuan bibit padi biasanya juga disalurkan kepada para petani yang lahan persawahannya terdampak bencana. Bantuan yang diberikan nantinya sebagai upaya pemerintah untuk mengurangi beban para petani yang terdampak bencana.

"Sebelumnya kita sudah mendata, ada 2 Ha lahan persawahan warga yang terdampak banjir. Tentu ini mengakibatkan gagal panen. Usulan bantuan benih padi juga sebagai upaya kita mengurangi beban yang dialami petani," tutup Hernawan.

Sumber: