Pastikan Kesehatan Rusa Tutul

Pastikan Kesehatan Rusa Tutul

DOK/RK : RAWAT : Rusa tutul yang merupakan aset milik Pemkab Kepahiang diberikan kewenangannya pada Dinas Pertanian untuk merawat dan mengawasi kesehatannya.--

RK ONLINE - Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang memantau kesehatan rusa tutul yang ditempatkan di halaman kantor DPRD. Kadistan Hernawan, S.PKP Kamis (23/2) menjelaskan saat ini jumlah rusa ada 21 ekor. Perawatan dilakukan dengan memberikan pakan yang bergizi seperti umbi-umbian dan sayur-sayuran setiap 2-3 hari sekali.

 

Perawatan dan pemantauan kesehatan rusa tutul itu merupakan kegiatan rutin yang terus mereka lakukan mengingat rusa tersebut merupakan bagian dari aset pemerintah daerah.

 

"Setiap tahunnya Distan dianggarkan biaya perawatan rusa tutul, dimana tugas kita untuk memberikan pakan yang sehat dengan terjadwal. Seperti pemberian pakan sayur dan umbi-umbian," ujar Hernawan.

 

Tak hanya itu, dijelaskan Hernawan, Distan yang memiliki petugas kesehatan hewan juga diberi tugas untuk memantau kesehatannya. Yakni, melakukan pemeriksaan kebersihan kandang hingga pemberian vitamin.

 

"Pemantauan kesehatan juga kita lakukan, ini dalam rangka untuk memastikan rusa tutul dalam keadaan sehat, bisa pemberian vitamin dan lain-lainnya, itu sudah terjadwal," kata Hernawan.

 

BACA JUGA:Siapa Pejabat Kepahiang Paling Tajir?

 

Disisi lain, pengawasan yang dilakukan adalah untuk memastikan pengunjung tidak memberikan pakan dengan jenis sayuran bergetah putih, seperti daun singkong. Hal ini lantaran getah daun singkong akan dengan mudah menginfeksi lambung yang menyebabkan kembung pada rusa.

 

Sumber: