Fakta Tersembunyi: Sejarah 17 Agustus Berikut Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 1945

Fakta Tersembunyi: Sejarah 17 Agustus Berikut Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 1945

Sederet fakta tersembunyi tentang sejarah 17 Agustus dan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI tahun 1945--Istimewah

Radarkepahiang.id - Sebagai hari paling bersejarah di Indonesia, momen 17 Agustus menjadi momen yang menyimpan banyak fakta tersembunyi tentang kemerdekaan RI tahun 1945. Sebab sejarah 17 Agustus 1945 ini, merupakan sejarah yang menjadi titik akhir dari masa penjajahan yang terjadi di Indonesia.

 

Namun sebagai WNI yang baik, perlu diketahui kalau sesungguhnya, ada banyak fakta tersembunyi tentang kemerdekaan RI tahun 1945 yang masih jarang diketahui. Salah satunya tentang sejarah 17 Agustus berikut detik-detik proklamasi kemerdekaan RI tahun 1945.

BACA JUGA:6 Fakta Tersembunyi Tentang Kemerdekaan RI Tahun 1945, Soekarno Sakit Malaria!

BACA JUGA:Polres Kepahiang Didemo Puluhan Massa, Personel Seragam Lengkap Diturunkan!

Pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB, proklamasi kemerdekaan RI dibacakan oleh Ir. Soekarno didampingi Mohammad Hatta. Tentunya proklamasi kemerdekaan RI saat itu tidak datang begitu saja, karena terdapat serangkaian peristiwa atau sejarah yang melibatkan perjuangan para pemimpin dan tokoh pemuda.

 

Lantas, bagaimana sejarah 17 Agustus detik-detik proklamasi kemerdekaan RI tahun 1945, berikut  ini ulasan singkatnya!

Dilansir dari situs resmi Kemendikbudristek, proklamasi kemerdekaan RI diawali dari kekalahan Jepang dalam perang dunia kedua. Hal itu ditandai dengan jatuhnya bom atom di Kota Hiroshima, Jepang oleh Amerika Serikat pada 6 Agustus 1945.

 

Tiga hari kemudian, Amerika Serikat kembali menjatuhkan bom atom kedua dijatuhkan di atas Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945. Peristiwa ini memaksa Kaisar Jepang Hirohito menyerah kepada Amerika Serikat dan sekutunya pada 15 Agustus 1945.

 

Kabar tersebut kemudian beredar dari siaran radio. Golongan muda kemudian mendesak Soekarno dan Hatta memanfaatkan situasi tersebut dengan menyatakan proklamasi. Namun dwitunggal Soekarno dan Hatta menolak karena belum ada pernyataan resmi dari pemerintah Jepang. Pada tanggal 10 

BACA JUGA:Benarkah Pendaftaran CPNS dan Pendaftaran PPPK Tahun 2024 Dibuka Agustus, Ini Penjelasan Pemerintah!

Sumber: