Sinergi Dalam Pembentukan Kampung Moderasi Beragama

Sinergi Dalam Pembentukan Kampung Moderasi Beragama

Sinergi Dalam Pembentukan Kampung Moderasi Beragama--Radarkepahiang.id

Radarkepahiang.id - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam dengan mengintruksikan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kepahiang untuk membentuk kampung moderasi beragama di wilayah tugasnya. Koordinasi yang dilakukan ini guna mendorong terbentuknya kampung moderasi beragama di wilayah Kecamatan Kepahiang.

 

Kakan Kemenag Kepahiang Drs. Albahri, M.Si menyampaikan sinergi antara Kementerian Agama, KUA dan Pemerintah Kecamatan ini hendaknya mendapatkan dukungan dari semua pihak dan pemangku kepentingan.

BACA JUGA:Mudahkan Perizinan Melalui Jempol Peduli, Ini Kata Wabup Kepahiang!

BACA JUGA:Ada Undian Bank Bengkulu Berhadiah Mobil Beredar, Waspada Penipuan!

"Bahwa kampung moderasi beragama ini adalah model kampung yang mengutamakan kolaborasi lintas unsur, lembaga, dan lapisan masyarakat. Tujuannya untuk memperkuat kehidupan masyarakat yang harmonis dan keragaman, toleran, serta memperkokoh sikap beragama yang moderat berbasis desa atau kampung," jelas Albahri.

 

Kepala KUA Kecamatan Kepahiang, Zulvi Nuryadin, S.Sos.I MH melalui Penyuluh Agama Islam Yayan Eko Saputra, SH menjelaskan, moderasi beragama dapat memperkuat kehidupan masyarakat yang harmonis dalam keberagaman, toleransi dan memperkokoh sikap beragama.

 

"Terbentuknya kampung moderasi beragama di wilayah Kecamatan Kepahiang ini guna memperkuat kehidupan beragama ditengah masyarakat agar lebih harmonis. Seperti di Kelurahan Pasar Ujung misalnya, disini tidak hanya masyarakat yang beragama muslim, tapi juga ada Kristen dan Katolik, rumah ibadah pun tidak hanya ada Masjid, tapi juga ada gereja," jelas Yayan.

BACA JUGA:Peserta CPNS Kemenkumham 2024 yang Lolos Seleksi Administrasi, Siapkan 5 Tes Kesamaptaan Ini

BACA JUGA:Sudah Tau Belum Berapa Harga Lada di Kepahiang Hari Ini, Cek di Sini!

Sementara itu Camat Kepahiang, Herman Zamhari, S.PKP Mp menjelaskan Pemerintah Kecamatan mendukung penuh upaya Kantor Kementerian Agama membentuk kampung moderasi beragama guna terciptanya masyarakat yang rukun antar umat beragama.

 

Sumber: