Apakah Harga Kopi Indonesia Dapat Bertahan Hingga Tahun 2025, Petani Kopi Wajib Tahu Prediksi Harga Kopi!

Apakah Harga Kopi Indonesia Dapat Bertahan Hingga Tahun 2025, Petani Kopi Wajib Tahu Prediksi Harga Kopi!

Berikut ini jawaban dari pertanyaan apakah harga kopi Indonesia dapat bertahan hingga tahun 2025 berikut dengan prediksi harga kopi untuk para petani kopi/Foto: Ilustrasi--Radarkepahiang.id

Radarkepahiang.id - Apakah harga kopi Indonesia dapat bertahan hingga tahun 2025 dan bagaimana prediksi harga kopi ke depannya? Pertanyaan ini, mungkin berada di benak hampir seluruh petani kopi Indonesia saat ini.

Selain melebihi ekspektasi sebagian petani kopi, harga kopi Indonesia yang melambung tinggi seperti yang terjadi sekarang ini juga merupakan yang pertama kali terjadi di tanah air.

BACA JUGA:Peserta Seleksi CPNS Wajib Perhatikan Letak e-Materai, Dokumen Bisa Tidak Valid!

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS 2024 Ditutup, Berikut Jadwal dan Tahapan Selanjutnya yang Wajib Diperhatikan Peserta Seleksi

Tidak heran jika pertanyaan seperti apakah harga kopi Indonesia yang mahal ini dapat bertahan hingga tahun 2025 ini, sering kali dilontarkan oleh para petani kopi Indonesia

Tapi, walaupun harga kopi mahal ini bertahan cukup lama, faktanya harga yang tinggi tersebut ternyata tidak dapat dirasakan dan dinikmati oleh seluruh petani kopi Indonesia. Hal ini disebabkan oleh pergerakan harga kopi yang sebelumnya melambung tinggi, sempat mendadak anjlok hingga pecah Rp50 ribu perkilo. 

 

Seperti yang dialami oleh sebagian petani kopi Indonesia khususnya di wilayah Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu. Beberapa petani kopi hanya mampu mengucap syukur dan mengelus dada, lantaran saat puncak musim panen kopi yang bertepatan dengan anjloknya harga kopi dari Rp68 ribu perkilo menjadi Rp48 ribu perkilo.

BACA JUGA:Segini Harga Kopi dan Harga Lada di Kepahiang per Hari Ini, Cek Sekarang!

BACA JUGA:Berdasarkan Data BPS, Ini 5 Negara Tujuan Ekspor Kopi Indonesia!

Beruntungnya, mulai pertengahan Agustus 2024 lalu, tren kenaikan harga kopi Indonesia perlahan kembali terjadi. Bahkan sampai saat ini, harga kopi mahal masih bertahan dan konsisten pada angka Rp 63 ribu perkilo sampai dengan Rp65 ribu perkilo.

 

Lantas apakah harga kopi mahal dapat bertahan hingga tahun 2025?

Perlu diketahui jika harga kopi merangkak naik dan melejit hingga seperti sekarang ini, disebabkan oleh berbagai faktor tertentu. Tapi dari sekian banyak faktor yang menjadi penyebabnya, harga kopi Indonesia yang tinggi ini paling kuat disebabkan oleh perubahan cuaca di beberapa negara produsen kopi terbesar dunia. 

Sumber: