Ternyata Makanan dan Minuman Juga Berisiko Tinggi Meningkatkan Asam Lambung

Ternyata Makanan dan Minuman Juga Berisiko Tinggi Meningkatkan Asam Lambung

Ternyata Makanan dan Minuman Juga Berisiko Tinggi Meningkatkan Asam Lambung--Dok/Net

Ternyata Makanan dan Minuman Juga Berisiko Tinggi Meningkatkan Asam Lambung

Radarkepahiang.id - Penyakit asam lambung atau GERD adalah penyakit yang kerap menjangkit organ pencernaan manusia ternyata berdampak teramat buruk jika dibiarkan. Bahkan penyakit ini bisa saja merusak saluran pencernaan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

 

Ada banyak penyebab meningkatnya asam lambung pada tubuh, namun pada umumnya terjadi lantaran melemahnya sfingter esofagus alias otot-otot pembatas antara kerongkongan dan lambung, sehingga menyebabkan refluks atau aliran balik yang membuat asam lambung menjadi naik ke saluran esofagus. 

BACA JUGA:Turunkan 24 Petugas, BPS Kepahiang Mulai Pendataan Podes, Ada 2 Indikator Penting!

Paparan asam lambung yang berulang-ulang naik ke esofagus akan mengakibatkan iritasi pada lapisan esofagus atau kerongkongan.

 

Nanun disamping itu, beberapa jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi juga bisa mempengaruhi naiknya asam lambung jni. Adapun beberapa jenis makanan dan minuman tersebut meliputi:

 

1. Makanan dan minuman dengan rasa yang pekat

BACA JUGA:Ratusan Calon PDK Pilkada 2024 Ikuti Tes Wawancara, Ini Ketentuannya!

Salah satu pemicu asam lambung adalah berkaitan dengan jenis makanan yang asam, pedas, serta berminyak. Jika terlampau sering mengonsumsi makanan dengan rasa seperti ini, maka berisiko akan meningkatkan produksi asam lambung dan melemahkan otot sfingter esofagus bawah serta menghambat proses pengosongan lambung. 

 

Bukan cuma itu saja, kamu juga sebaiknya menghindari kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan minuman yang mengandung kafein yang juga dapat memicu terjadinya asam lambung.

Sumber: