Turunkan 24 Petugas, BPS Kepahiang Mulai Pendataan Podes, Ada 2 Indikator Penting!

Turunkan 24 Petugas, BPS Kepahiang Mulai Pendataan Podes, Ada 2 Indikator Penting!

Turunkan 24 Petugas, BPS Kepahiang Mulai Pendataan Podes, Ada 2 Indikator Penting!--Istimewah

Turunkan 24 Petugas, BPS Kepahiang Mulai Pendataan Podes, Ada 2 Indikator Penting!

Radarkepahiang.id - Badan Pusat Statistik atau BPS Kepahiang mulai melaksanakan kegiatan Pendataan Potensi Desa atau Podes 2024. Pendataan ini dilaksanakan mencakup seluruh desa dan kelurahan, kecamatan dan tingkat Kabupaten Kepahiang.

 

Kepala BPS Kepahiang, Khomarudin menerangkan jika pendataan Podes 2024 ini dilaksanakan dengan menurunkan 24 petugas yang bertanggung jawab atas pendataan di 117 desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Kepahiang.

BACA JUGA:Ratusan Calon PDK Pilkada 2024 Ikuti Tes Wawancara, Ini Ketentuannya!

Dia mengatakan kalau pendataan Podes 2024 ini, dilakukan dengan menggunakan metode Computer Assisted Personal Interviews (CAPI) melalui aplikasi Fasih. 

 

"Dari Pendataan Podes 2024 ini, nantinya akan dihasilkan setidaknya 2 indikator penting dan sangat bermanfaat. Yaitu Indeks Kesulitan Geografis atau IKG dan Indeks Desa atau yang disebut ID," ujar kepala BPS Kepahiang.

BACA JUGA:Permohonan Adopsi Kasus Bayi Dalam Kardus Membeludak

Pada tingkat desa dan kelurahan, terdapat 117 desa dan kelurahan yang didata dengan narasumber berupa pemerintah desa dan kelurahan, penelusuran dokumen atau narasumber lain yang terkait dan dinilai paling relevan. 

 

Sementara pada tingkat kecamatan, terdapat 8 kecamatan yang didata dengan narasumber berbeda seperti pemerintah kecamatan atau UPT dinas di tingkat kecamatan. 

BACA JUGA:WASPADA! Dalam Sehari 15 Warga Muara Kemumu Digigit Anjing Gila

Bukan cuma itu saja, untuk tingkat kabupaten, diperoleh informasi melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Kepahiang atau OPD terkait. 

Sumber: