Berisiko Memicu Penyakit Asam Lambung, Segera Jauhi Obat-Obatan Ini!

Berisiko Memicu Penyakit Asam Lambung, Segera Jauhi Obat-Obatan Ini!

Berisiko Memicu Penyakit Asam Lambung, Segera Jauhi Obat-Obatan Ini!--DOK/Net

Berisiko Memicu Penyakit Asam Lambung, Segera Jauhi Obat-Obatan Ini!

Radarkepahiang.id - Kebiasaan menjalani gaya hidup yang tidak sehat memang memicu sejumlah penyakit kronis bisa saja menyerang tubuh, salah satunya mempengaruhi naiknya gejala asam lambung. Mulai dari kebiasaan merokok, minum-minuman beralkohol, kopi, hingga minuman bersoda. Jika tetap dilakukan secara berlebihan akan memicu asam lambung menjadi sering naik.

 

Namun siapa sangka, bahwa mengkonsumsi sejumlah obat-obatan dengan kadar yang berlebih, ternyata bisa memicu penyakit asam lambung lebih cepat bereaksi.

BACA JUGA:Suplayer Narkoba 2 Pemuda Asal Curup Diburu Polisi

Informasi dihimpun Radarkepahiang.id, sedikitnya ada 5 jenis oba-obatan yang paling mudah mempengaruhi naiknya asam lambung pada tubuh seseorang. Bahkan beberapa dari obat-obatan ini, seringkali kita jumpai atau mungkin kita sendiri pun pernah mengkonsumsinya. Apa saja? berikut ulasannya:

 

1. Benzodiazepin (jenis kandungan dalam obat penenang)

2. Penghambat kalsium (calcium inhibitor) yaitu obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi, seperti: nifedipin, amlodipine, dan verapamil

3. Beberapa obat asma

4. Obat anti inflamasi non-steroid (NSAID)

5. Obat anti depresan (tricyclic)

BACA JUGA:Jumlah Vaksin Terbatas, Distan Ingatkan Desa dan Kelurahan Segera Laporkan Jumlah Populasi HPR

Kebanyakan obat pereda rasa sakit memang bisa memiliki efek samping berupa peningkatan asam lambung, sehingga membuat mual, muntah, sesak, diare, perut berbunyi, berkeringat dingin, hilang nafsu makan, pusing, jantung berdebar, lemas, dan beragam sensasi tidak nyaman lainnya. Keluhan ini seringnya memberat jika obat dikonsumsi dalam kondisi perut kosong atau jika berlebihan dosisnya.

Sumber: