Puasa Tapi Malah Jadi Tidak Produktif, Ini 5 Tips Mengilangkan Rasa Ngantuk Saat Puasa

Puasa Tapi Malah Jadi Tidak Produktif, Ini 5 Tips Mengilangkan Rasa Ngantuk Saat Puasa

Puasa Tapi Malah Jadi Tidak Produktif, Ini 5 Tips Mengilangkan Rasa Ngantuk Saat Puasa--DOK/Net

2. Tidur Siang

Cara menghilangkan ngantuk saat puasa berikutnya adalah dengan tidur siang. Namun, disarankan untuk menghindari tidur siang terlalu lama karena hal ini bisa mengganggu ritme sirkadian (jam biologis tubuh) yang justru menyebabkan tubuh terasa lemas. 

Adapun durasi tidur siang saat puasa yang disarankan adalah tidak lebih dari satu jam atau sekitar 20–30 menit.

3. Olahraga Ringan

Meski sedang berpuasa, sangat penting untuk tetap menerapkan pola hidup sehat sebaik mungkin, termasuk berolahraga. Pasalnya, olahraga saat puasa bisa membantu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, tidak terkecuali ke otak. Sehingga, hal ini bisa membantu mengatasi ngantuk saat puasa yang kerap terjadi karena otak kekurangan oksigen.

Selain itu, olahraga saat puasa juga bisa membantu meningkatkan produksi hormon epinefrin, norepinefrin, dan kortisol. Hormon-hormon tersebut diketahui dapat mengoptimalkan proses metabolisme energi di dalam tubuh hingga dua jam ke depan.

BACA JUGA:Soal Pasien Psikotik yang Digagahi 7 OTD Hingga Hamil, Ini Kata Polisi!

Namun, disarankan untuk memilih jenis olahraga yang berintensitas ringan, seperti jalan kaki atau bersepeda selama sedang berpuasa. Penting pula untuk memilih waktu olahraga yang tepat, misalnya di pagi hari sebelum sahur atau sore hari sebelum berbuka puasa guna mencegah tubuh terlalu lemas atau kelelahan selama berpuasa.

4. Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan diketahui dapat meningkatkan sirkulasi oksigen yang bisa menambah energi sekaligus memicu terjadinya peningkatan aktivitas di otak. Hal inilah yang dapat membantu meredakan rasa kantuk saat sedang berpuasa.

Untuk melakukannya, Anda bisa berdiri atau duduk tegak dengan posisi salah satu telapak tangan berada di perut. Lalu, tarik napas dalam-dalam melalui hidung secara perlahan, pastikan perut mengembang dan terisi dengan udara. Setelah itu, embuskan napas secara perlahan melalui mulut. Ulangi langkah ini sampai tubuh terasa lebih segar.

5. Mencukupi Waktu Tidur Malam Hari

Pastikan pula untuk mencukupi waktu tidur pada malam hari sebagai cara menghilangkan ngantuk saat puasa. Adapun durasi waktu tidur yang disarankan untuk orang dewasa adalah sekitar 7–9 jam setiap malam. 

BACA JUGA:Niscaya Menghapus Seluruh Dosa, Ini 6 Keutamaan Malam Lailatul Qadr

Agar tidur semakin berkualitas, Anda juga bisa menerapkan sleep hygiene, seperti:

Sumber: