Bahayanya Kekurangan Serat Serta Risiko Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

Bahayanya Kekurangan Serat Serta Risiko Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

Bahayanya Kekurangan Serat Serta Risiko Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui/--www.istockphoto.com

BACA JUGA:Beberapa Indikasi Kulit Ini Jadi Tanda-Tanda Peringatan Diabetes, Cek Sekarang!

- Peningkatan Peradangan: Pola makan kurang serat dapat meningkatkan peradangan tubuh, meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, dan kanker.

 

- Gangguan pada Sistem Kekebalan Tubuh: Serat membantu melawan peradangan dan mendukung sistem kekebalan tubuh di usus. Kekurangan serat dapat mengganggu kesehatan sistem kekebalan tubuh.

 

- Sulit Mengatur Berat Badan: Kekurangan serat membuat sulit untuk menurunkan dan mempertahankan berat badan sehat, karena serat membantu mengatur nafsu makan dan memperlambat pencernaan.

BACA JUGA:Kulit Mulus dan Berseri, Begini Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah Secara Alami dan Mudah

- Perut Tidak Nyaman: Sindrom IBS, terkait dengan kurangnya serat, dapat menyebabkan gejala tidak nyaman seperti sembelit, diare, dan kembung.

 

- Risiko Kematian Dini Meningkat: Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak serat memiliki risiko lebih rendah terhadap kematian dini.

 

Untuk menghindari dampak negatif tersebut, penting untuk meningkatkan asupan serat secara bertahap, makanan sumber serat mencakup buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. 

BACA JUGA:Simak Caranya dan Hindari Kesalahan Minum Kopi yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Menjaga keseimbangan nutrisi dalam pola makan harian merupakan langkah penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Sumber: