Simak Caranya dan Hindari Kesalahan Minum Kopi yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Simak Caranya dan Hindari Kesalahan Minum Kopi yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Simak Caranya dan Hindari Kesalahan Minum Kopi yang Dapat Membahayakan Kesehatan/--www.istockphoto.com

Simak Caranya dan Hindari Kesalahan Minum Kopi yang Dapat Membahayakan Kesehatan

RK ONLINE - Faktanya Minum kopi jika dilakukan dengan cara yang salah dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh. Meskipun kopi memiliki potensi menyehatkan dengan kandungan antioksidannya, beberapa kesalahan dalam konsumsinya perlu dihindari. Ahli diet Vidhi Chawla membagikan beberapa kesalahan yang perlu diwaspadai:

BACA JUGA:8 Tips Menjaga Gaya Hidup Sehat, Ternyata Sangat Mudah!

Terlalu Banyak Kafein:

Konsumsi kafein yang berlebihan dapat menimbulkan masalah kesehatan, termasuk sulit tidur, hipertensi, dan masalah jantung. Batasi konsumsi kafein harian, dengan rekomendasi maksimum 3-4 cangkir kopi per hari menurut Mayo Clinic.

 

Kurang Minum Air Putih:

Setelah minum kopi, disarankan untuk mengonsumsi air putih yang cukup. Kandungan kafein dapat menyebabkan peningkatan produksi urin, yang berpotensi menyebabkan dehidrasi. Air putih membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mencegah masalah seperti kelelahan dan sakit kepala.

BACA JUGA:Mungkin Ini Penyebabnya, Mengapa Tidur Tidak Nyaman dan Tanpa Rasa Nyenyak

Pilih Biji Kopi yang Salah:

Kualitas dan rasa kopi dipengaruhi oleh pemilihan biji kopi yang tepat. Pastikan memilih biji kopi yang fisiknya sempurna dan perhatikan tanggal roasting. Biji kopi yang sudah terlalu lama dapat memengaruhi kesehatan pencernaan. Disarankan memilih biji kopi baru yang segar.

 

Pakai Gula Tambahan:

Konsumsi kopi hitam tanpa gula lebih baik untuk kesehatan. Penambahan gula pada kopi dapat meningkatkan jumlah kalori, berkontribusi pada penumpukan lemak, dan meningkatkan risiko penyakit hati berlemak, diabetes, serta penyakit jantung.

Sumber: