Reformasi Pengembangan Kompetensi ASN Melalui Digitalisasi, Transformasi Melalui Portal Layanan

Reformasi Pengembangan Kompetensi ASN Melalui Digitalisasi, Transformasi Melalui Portal Layanan

Reformasi Pengembangan Kompetensi ASN Melalui Digitalisasi, Transformasi Melalui Portal Layanan/--www.menpan.go.id

 

Mengenai nilai Adaptif, Azwar Anas mengungkapkan hasil survei Indeks BerAKHLAK Nasional pada tahun 2023 menunjukkan kategori Cukup Sehat (61,1 persen atau kategori B). Namun, ia menyoroti bahwa nilai Adaptif di instansi pemerintah masih masuk dalam kategori Tidak Sehat.

BACA JUGA:Pemerintah Matangkan Skema Penataan Honorer Menuju ASN Penuh Waktu

Azwar Anas meminta agar LAN mengintegrasikan core values ASN BerAKHLAK sebagai baseline dalam pengembangan kompetensi ASN. Dia menekankan perlunya peningkatan nilai-nilai BerAKHLAK untuk mencapai keseimbangan antara profesionalitas dan humanitas.

 

Muhammad Taufiq, Pelaksana Harian Kepala LAN, menyampaikan bahwa LAN sedang merancang ulang model perencanaan dan pelaksanaan pengembangan kompetensi ASN.

 

Dia juga melaporkan pembicaraan dengan Microsoft Indonesia mengenai konten pembelajaran terkait literasi digital, soft skill, dan basic management. Kerja sama dengan UID juga sedang dikaji terkait penguatan dan pengembangan kompetensi ASN.

BACA JUGA:MenPANRB Dorong ASN Tetap Netral Dalam Pemilu 2024

Taufiq menyoroti transformasi digital dalam pengembangan kompetensi ASN untuk memberikan akses yang luas bagi ASN dalam meningkatkan kapasitas mereka sebagai motor penggerak birokrasi. 

 

Dia menegaskan arahan dari Menpan bahwa transformasi digital harus menciptakan kualitas kehidupan yang lebih baik dan pengalaman pengguna yang baik bagi ASN setelah mengikuti kegiatan pembelajaran yang disediakan pemerintah.

BACA JUGA:Ternyata Pemberian Insentif ASN Pindah ke IKN Tidak Semua, Ini Ketentuannya!

Sumber: