MenPANRB Dorong ASN Tetap Netral Dalam Pemilu 2024

MenPANRB Dorong ASN Tetap Netral Dalam Pemilu 2024

MenPANRB Dorong ASN Tetap Netral Dalam Pemilu 2024/--menpan.go.id

MenPANRB Dorong ASN Tetap Netral Dalam Pemilu 2024

RK ONLINE - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Abdullah Azwar Anas, mendorong agar Aparatur Sipil Negara (ASN) tetap netral selama pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

 

Anas mengatakan bahwa jika terjadi pelanggaran netralitas, pihaknya menyediakan saluran pengaduan langsung kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024, Kominfo Ingatkan ASN Agar Tetap Netral

"Pada dasarnya, KemenPAN-RB mendorong agar ASN tetap netral secara umum. Jika ada pelanggaran, silakan dilaporkan ke KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara)," ungkap Azwar Anas.

 

Menurut Anas, KemenPAN-RB akan memonitor setiap tindakan yang dapat dianggap sebagai pelanggaran netralitas ASN selama periode Pemilu. Dia menegaskan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti setiap laporan pelanggaran yang diterima.

 

"Kami akan terus memonitor dan mendorong agar setiap pelanggaran terhadap netralitas ASN mendapatkan tindak lanjut. Itu yang ingin saya sampaikan," tambahnya.

BACA JUGA:Pemilu Tinggal 'Sejengkal', Ini 5 Imbauan Dari Polres Kepahiang

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga memberikan peringatan kepada jajaran ASN, TNI, dan Polri untuk bersikap netral dalam Pemilu 2024. Pernyataan ini disampaikan oleh Jokowi dalam Rapat Konsolidasi Nasional Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istora Senayan, Jakarta.

 

"Kepada seluruh aparat negara, saya sudah sampaikan bolak-balik, ASN, TNI, Polri harus bersikap netral dan tidak memihak," tegas Jokowi.

Sumber: