Jangan Salah-Salah, Begini 5 Cara Diagnosis HIV AIDS yang Haus Diketahui

Jangan Salah-Salah, Begini 5 Cara Diagnosis HIV AIDS yang Haus Diketahui

Jangan Salah-Salah, Begini 5 Cara Diagnosis HIV AIDS yang Haus Diketahui--DOK/Net

CD4 adalah bagian dari sel darah putih yang HIV hancurkan. Jumlah CD4 normal berada dalam rentang 500–1400 sel per milimeter kubik darah. AIDS terjadi jika hasil hitung sel CD4 di bawah 200 sel per milimeter kubik darah.

- Pemeriksaan viral load (HIV RNA)

Bertujuan untuk menghitung RNA, bagian dari virus HIV yang berfungsi menggandakan diri. Jumlah RNA yang lebih dari 100.000 kopi per mililiter darah, menandakan infeksi HIV baru saja terjadi atau tidak tertangani. 

BACA JUGA:Gubernur Maluku Terjaring OTT KPK, 15 Orang Diamankan!

Sedangkan jumlah RNA yang berada di bawah 10.000 kopi per mililiter darah, menunjukan perkembangan virus yang tidak terlalu cepat, tetapi kerusakan pada sistem kekebalan tubuh tetap terjadi.

- Tes resitensi (kekebalan) 

Pemeriksaan ini bisa kamu lakukan untuk menentukan obat anti HIV jenis apa yang tepat bagi pengidap. Ini karena beberapa pengidap memiliki resistensi terhadap obat tertentu.

BACA JUGA:Bumbu Dapur ini Tenyata Menyimpan Segudang Manfaat Untuk Kesehatan, Apakah Itu?

Seperti yang diketahui bahwa HIV, merupakan sebuah virus yang mampu melemahkan sistem kekebalan tubuh. Setelah menyerang sistem imun manusia, virus ini juga biasanya mengganggu kemampuan pertahanan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.

Jika tidak segera diobati, HIV dapat berkembang menjadi AIDS yang mana pada kondisi ini, sistem kekebalan tubuh pasien akan turun hingga menjadi sangat lemah dan membuatnya menjadi lebih rentan terhadap berbagai infeksi dan sejumlah oenyakit serius.

BACA JUGA:Bersedia Dipindahkan ke IKN, ASN Siap-Siap Pemerintah Sudah Janjikan Insentif Untuk ASN

Untuk diketahui bahwa semua orang di dunia ini merupakan insan yang beresiko terpapar HIV hingga AIDS sekalipun. Sebab pola hidup yang tidak teratur dan terlalu bebas, membawa seseorang sangat memungkinkan untuk terpapar HIV.

Nah kali ini Radarkepahiang.id akan menjelaskan sejumlah ciri-ciri jika kamu terpapar Gejala HIV. Penting untuk mengenali tanda-tanda awal infeksi HIV agar dapat segera mendapatkan perawatan yang tepat. Beberapa tanda gejala HIV yang umum muncul pada tahap awal adalah:

BACA JUGA:Selain Nikmat, Begini Manfaat Luar Biasa Kopi Untuk Kesehatan Orang Tua

Ciri-Ciri Gejala HIV:

Sumber: