Bumbu Dapur ini Tenyata Menyimpan Segudang Manfaat Untuk Kesehatan, Apakah Itu?

Bumbu Dapur ini Tenyata Menyimpan Segudang Manfaat Untuk Kesehatan, Apakah Itu?

Bumbu Dapur ini Tenyata Menyimpan Segudang Manfaat Untuk Kesehatan, Apakah Itu?/--www.freepik.com

Bumbu Dapur ini Tenyata Menyimpan Segudang Manfaat Untuk Kesehatan, Apakah Itu?

RK ONLINE - Daun salam, yang sering ditemukan dalam hidangan Asia, ternyata tidak hanya memberikan aroma sedap pada masakan tetapi juga diketahui memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan berkat kandungan nutrisinya yang kaya.

 

Kandungan Nutrisi dalam Daun Salam

Daun salam mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B6, kalsium, zat besi, dan mangan. Dalam satu sendok makan daun salam yang dihancurkan terkandung sekitar 5,5 kalori, 0,1 gram protein, 0,1 gram lemak, dan 1,3 gram karbohidrat. Selain itu, terdapat pula kandungan vitamin dan mineral dalam jumlah kecil.

BACA JUGA:Tanaman Serai, Bumbu Dapur yang Memilik Banyak Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Potensial dari Daun Salam

- Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker: Beberapa penelitian menyarankan bahwa daun salam mungkin memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dan kolorektal. Namun, temuan ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, terutama pada manusia.

 

- Pengendalian Gula Darah: Penelitian tahun 2008 menunjukkan bahwa konsumsi kapsul yang mengandung 1–3 gram daun salam per hari dapat membantu menurunkan dan mengatur kadar glukosa serta kolesterol pada penderita diabetes. Namun, perlu konsultasi dengan ahli kesehatan sebelum mengonsumsinya, terutama bagi penderita diabetes.

 

- Meningkatkan Penyembuhan Luka: Daun salam telah terbukti mengurangi peradangan pada area luka. Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa daun salam memiliki potensi dalam mempercepat penyembuhan luka.

BACA JUGA:Goodbye Skincare Mahal, Buah dan Bumbu Dapur Ini Ternyata Bisa Mempercantik Diri Secara Alami

- Mencegah Batu Ginjal: Sebuah studi tahun 2014 meneliti potensi ekstrak daun salam dalam mencegah batu ginjal dengan menurunkan jumlah urease dalam tubuh. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami lebih dalam manfaat daun salam dalam hal ini.

Sumber: