Selain Nikmat, Begini Manfaat Luar Biasa Kopi Untuk Kesehatan Orang Tua

Selain Nikmat, Begini Manfaat Luar Biasa Kopi Untuk Kesehatan Orang Tua

Selain Nikmat, Begini Manfaat Luar Biasa Kopi Untuk Kesehatan Orang Tua--www.freepik.com

Selain Nikmat, Begini Manfaat Luar Biasa Kopi Untuk Kesehatan Orang Tua

RK ONLINE - Kopi, tidak hanya menjadi minuman favorit bagi generasi muda, tapi juga menawarkan sejumlah manfaat yang luar biasa bagi kaum manula. Meskipun anak-anak di bawah 12-15 tahun disarankan untuk tidak mengonsumsinya, kopi justru direkomendasikan untuk orang tua yang telah lanjut usia.

 

Antioksidan dan Perlindungan Otak

Kopi, ternyata, menyimpan manfaat hebat untuk kesehatan orang tua. Beberapa di antaranya adalah kemampuannya sebagai sumber antioksidan yang membantu melindungi otak. Penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat menunda serta mengurangi risiko Alzheimer dan demensia. Ini disebabkan oleh kemampuannya mengurangi peradangan yang berpotensi merusak otak.

BACA JUGA:Konsultan Kesehatan Terkemuka dr Zaidul Akbar Ungkap 4 Tips Mengatasi Kantuk Tanpa Kopi

Perlindungan Kesehatan dan Fungsi Otak

Tak hanya itu, kafein dalam kopi juga dapat melindungi fungsi otak. Secara konsisten mengonsumsi kopi terbukti mampu mengurangi penurunan kognitif yang sering terjadi pada orang tua.

 

Sumber Antioksidan yang Kuat

Biji kopi mentah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, melebihi bahkan teh hijau atau kakao. Antioksidan ini membantu dalam mencegah penuaan dini, mengurangi risiko berbagai penyakit, serta melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

 

Menurunkan Risiko Penyakit

Kopi juga dapat membantu menurunkan risiko terserang berbagai penyakit pada usia lanjut. Kandungan nutrisi dan vitamin seperti B1, B2, B5, potasium, dan magnesium dalam kopi dapat memperkuat daya tahan tubuh. Dengan konsumsi yang teratur sesuai anjuran medis, kopi dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker, diabetes tipe dua, penyakit hati, depresi, dan stroke.

Sumber: