Membanggakan, Desa Batu Ampar Sukses Duduki Posisi ke 5 Sebagai Desa Wisata Maju ADWI 2023

Membanggakan, Desa Batu Ampar Sukses Duduki Posisi ke 5 Sebagai Desa Wisata Maju ADWI 2023

Live streaming ADWI--Foto/Tangkapan Layar

RK ONLINE - Prestasi gemilang kembali diukir oleh Desa Batu Ampar, Kecamatan Merigi, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu. Dengan luas wilayah yang mencapai 791,94 Hektare (Ha) dan memiliki segudang prestasi, baru-baru ini Desa Batu Ampar kembali meraih prestasi yang sangat membanggakan bagi Kabupaten Kepahiang dan Provinsi Bengkuku. berhasil menunjukkan taji dan mengharumkan nama Kabupaten Kepahiang di mata nasional.

Bertempat di Gedung Teater Tanah Airku Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, Minggu 27 Agustus 2023 Desa Batu Ampar berhasil dinobatkan sebagai juara harapan II dan menduduki posisi sebagai desa terbaik kelima kategori Desa Wisata Maju dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Penghargaan sebagai Desa Wisata Maju terbaik ke-5 se Indonesia ini, diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno.

Kades Batu Ampar, Harwan Iskandar, S.Pd,I menuturkan bahwa dirinya sangat bangga terhadap seluruh komponen dan pihak yang terlibat di Batu Ampar. Sebab selama ini lanjutnya, banyak pihak yang telah berjuang bersama untuk membangun, menjaga dan melestarikan budaya serta potensi objek wisata yang ada di desa.

Kebanggan sekaligus apresiasi ini khususnya diberikan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Imbotelapea Desa Batu Ampar yang telah memberikan dorongan serta motivasi, bagi seluruh kelompook untuk terus menggali dan mengembangkan semua potensi wisata yang ada di desa.

"Tentu ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan, saya berterimakasih kepada seluruh pihak yang selama ini telah turut memberikan sumbangsihnya demi kemajuan desa Batu Ampar hingga ke titik saat ini. Pokdarwis kita juga patut diapresiasi sebab selama ini mereka tidak kenal lelah untuk terus menggali dan mengembangkan semua potensi wisata milik kita, sehingga hasilnya dapat dirasakan bersama hingga ke penjuru Batu Ampar," ujar Harwan.

Tidak ingin gampang berpuas hati, Kades yang telah memimpin Desa Batu Ampar selama 2 periode ini terus membawa perubahan bagi desa dan mengharumkan nama Kabupaten Kepahiang baik di tingkat provinsi hingga ke tingkat nasional. 

 


Live streaming ADWI--Foto/Tangkapan Layar

 

Bahkan saat ini, Batu Ampar juga menjadi satu-satunya desa di Kabupaten Kepahiang yang aktif dalam menjalankan program kementrian dalam pengelolaan website desa dan memiliki 7 ribu lebih subscriber dalam Channel Youtube.

"Saya dan perangkat desa ketika senggang (di luar jam kerja) selalu memiliki pekerjaan tambahan, yakni mengelola website dan channel YouTube milik desa. Sekarang ini channel YouTube Batu Ampar sudah memiliki 7 ribu subscriber dan telah memposting 486 video yang berkaitan dengan kegiatan desa," lanjutnya.

Sementara itu Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU mengapresiasi kinerja jajaran Pemdes Batu Ampar yang selama ini telah berjuang keras dalam program ADWI ini. 

Dirinya yang pada malam itu juga turut hadir mendampingi Desa Batu Ampar sebagai perwakilan Pemkab Kepahiang, sangat bangga melihat hasil dari kerjakeras Desa Batu Ampar ini. 

Sumber: