Duguk Tertangkap Jaring, Legenda Hantu Banyu Mahluk Halus Penghuni Curug Temedak Kepahiang

Duguk Tertangkap Jaring, Legenda Hantu Banyu Mahluk Halus Penghuni Curug Temedak Kepahiang

Duguk, Legenda Hantu Banyu Penghuni Curug Temedak di Aliran Sungai Musi--Istimewah

Duguk Tertangkap Jaring, Legenda Hantu Banyu Mahluk Halus Penghuni Curug Temedak Kepahiang

RK ONLINE – Sosok mahluk halus seperti Hantu Banyu, sampai saat ini masih kuat dipercaya sebagian masyarakat di Kabupaten Kepahiang, Bengkulu. Tidak hanya di aliran Sungai Musi Kelurahan Dusun Kepahiang, Hantu Banyu yang selanjutnya disebut Duguk oleh warga setempat, dikabarkan juga menjadi penghuni aliran Sungai Musi tepatnya di Curug Temedak, Desa Temedak, Kecamatan Tebat Karai, Kabupaten Kepahiang.

BACA JUGA:Pengumuman PLN Kepahiang, Besok Sabtu 12 Agustus Kepaiang Mati Lampu Lagi

Meskipun belum ada pembuktian secara ilmiah, keberadaan Duguk atau Hantu Banyu di Curug Temedak ini sangat kental melekat dan menjadi kepercayaan masyarakat setempat. Bahkan diceritakan secara turun temurun, keberadaan Duguk dipercaya masyarakat kerap menampakan wujudnya di seputaran Curug Temedak.

 

Memiliki tubuh yang menyerupai seekor Siamang atau Kera, kisah menyeramkan tentang legenda Hantu Banyu yang menjadi penghuni aliran Sungai Musi Kepahiang ini menjadi salah satu kisah mengerikan karena kerap makan korban.

Konon kabarnya, Duguk atau Hantu Banyu ini disebut sebagai salah satu penyebab korban tenggelam di aliran Sungai Musi yang sering kali membuat jasad korban sulit bahkan tidak berhasil ditemukan.

BACA JUGA:Legenda Duguk, Hantu Banyu Penghuni Aliran Sungai Musi Kabupaten Kepahiang yang Kerap Makan Korban

Dengan membawa korbannya ke dasar aliran Sungai Musi, Hantu Banyu atau Duguk ini akan menghisap sum sum tulang belakang setiap korban yang tenggelam sampai akhirnya tidak berhasil ditemukan. Walaupun belum ada pembuktian nyata, keberadaan Duguk sebagai penghuni Curug Temedak ini begitu kuat karena kerap menampakan wujudnya di sebuah batu berukuran besar yang berada di seputaran Curug Temedak.

 

Dari cerita mulut ke mulut, sosok mahluk halus penghuni Sungai Musi seperti Hantu Banyu ini sering kali muncul ke permukaan dan ditemukan oleh orang-orang yang hobi memancing di spot seperti Curug Temedak ini. Tidak datang begitu saja, kemunculan mahluk halus seperti Duguk ini akan ditandai dengan gerimis atau hujan panas yang mendadak turun ketika matahari terik tanpa adanya mendung.

 BACA JUGA:Mitos Sulur Bidar, Mahluk Halus Penghuni Air yang Menakutkan

Bukan hanya itu saja, bau busuk serta amis juga disebut-sebut sebagai pertanda kemunculan sosok mahluk halus yang satu ini. Bentunya yang menyerupai seekor kera berbadankan ular, membuat penampakkan Hantu Banyu yang satu ini membuat orang tunggang langgang ketakutan.

 

Sumber: