Duguk Tertangkap Jaring, Legenda Hantu Banyu Mahluk Halus Penghuni Curug Temedak Kepahiang

Duguk Tertangkap Jaring, Legenda Hantu Banyu Mahluk Halus Penghuni Curug Temedak Kepahiang

Duguk, Legenda Hantu Banyu Penghuni Curug Temedak di Aliran Sungai Musi--Istimewah

Cerita yang dipercaya, mahluk misterius ini akan menampakkan wujudnya seiring dengan berdatangannya berbagai jenis ikan. Jika tidak mengetahui latar belakang dari kedatangan ikan ini sebagai pertanda buruk, tentu akan membuat orang yang melihatnya terlena sampai akhirnya menjadi korban dari mahluk gaib ini.

 

Terlepas benar dan tidaknya cerita ini, legenda Hantu Banyu ini juga semakin diperkuat dengan cerita masyarakat tentang Duguk yang sempat tertangkap jaring warga yang mencari ikan di Curug Temedak. Dalam cerita tersebut, seorang warga yang juga mendapatkan banyak ikan menggunakan jaringnya tersebut kemudian mendadak jatuh sakit. Kabarnya warga ini juga baru dapat disembuhkan, setelah menggelar ritual disekitar lokasi Duguk atau Hantu Banyu yang sebelumnya sempat tertangkap jaring warga.

BACA JUGA:Termaksuk Bengkulu, Fenomena El Nino Tingkat Moderat Tingkatkan Potensi Kekeringan

Namun seiring waktu, legenda Duguk atau Hantu Banyu penghuni Curug Temedak ini, perlahan mulai memudar dan tidak terlalu menakutkan lagi bagi sejumlah masyarakat. Bahkan banyaknya ikan yang berada di seputaran Curug Temedak, saat ini membuat banyak warga yang hobi memancing menjadi lebih sering datang dan melakukan aktivitas memancing hingga larut malam. 

Sumber: