Mitos Sulur Bidar, Mahluk Halus Penghuni Air yang Menakutkan

Mitos Sulur Bidar, Mahluk Halus Penghuni Air yang Menakutkan

Tanda Kehadiran Sulur Bidar/Foto:Bui air menandakan Kehadiran Sulur Bidar.--www.libur.com.my

Mitos Sulur Bidar, Mahluk Halus Penghuni Air yang Menakutkan

RK ONLINE - Meskipun menakutkan, Sulur Bidar merupakan nama yang mengundang rasa ingin tahu dan penasaran. Sosok mahluk halus Sulur Bidar, disebut juga menjadi salah satu mahluk halus yang menghuni air dan merujuk pada legenda dalam mitologi Melayu.

 

Pergerakan misterius Sulur Bidar mampu menciptakan kepanikan di kalangan para pemancing saat tiba-tiba muncul di sekitar perairan yang mereka singgahi.

 

Tidak hanya itu, Legenda Sulur Bidar juga menggambarkan bahwa mahluk halus yang satu ini diyakini ingin memangsa manusia yang berada di atas permukaan air.

BACA JUGA:Asal Usul Duguk, Legenda Hantu Banyu Penghuni Aliran Sungai Musi Kepahiang

Bagi masyarakat Melayu, istilah Sulur Bidar tak asing lagi, mengingat bentuknya yang menyerupai tikar dengan empat kepala di setiap sudutnya.

 

Mitos yang berkembang menyebutkan bahwa Sulur Bidar adalah tikar pembungkus mayat yang dibuang ke air sungai atau danau.

 

Kehadiran Sulur Bidar sering diindikasikan oleh munculnya buih-buih di permukaan air. Kemudian mahluk halus tersebut muncul dan kelihatannya seperti sedang mengibaskan keempat sudutnya seolah-olah sedang mencari mangsa dari mahluk hidup yang berada di atasnya.

 

Sejumlah rekaman video yang memperlihatkan kemunculan makhluk ini telah tersebar luas di berbagai platform media sosial, dan hal ini semakin mempertegas keyakinan akan eksistensi makhluk mitos ini.

Sumber: