Penerima BLT Siap-siap, Pencairan Dana Desa 2023 Dimulai, Kadis PMD: Sudah Final!!

Penerima BLT Siap-siap, Pencairan Dana Desa 2023 Dimulai,  Kadis PMD: Sudah Final!!

Kadis PMD Kabupaten Kepahiang, Iwan Zamzam Kurniawan, SH mengatakan jika Dana Desa 2023 sudah bisa dicairkan pekan depan. --Radarkepahiang.id

Hasilnya dari 105 desa yang ada di Kbaupaten Kepahiang, desa yang tercatat sebagai penerima Dana Desa 2023 terbesar adalah Desa Sosokan Baru Kecamatan Muara Kemumu. 

 

Dengan mengacu kepada jumlah penduduk, angka kemiskina, luas wilayah serta tingkat kesulitan geografis, Desa Sosokan Baru Kecamatan Muara Kemumu ditetapkan sebagai desa penerima Dana Desa 2023 terbesar di Kabupaten Kepahiang dengan angka Rp1.204.647.000. 

 

"Dengan berbagai ketentuan, Dana Desa 2023 Kabupaten Kepahiang paling besar diperoleh Desa Sosokan Baru, yakni Rp 1,2 miliar," sambung Jonatan.

BACA JUGA:Fix! 4 Bulan Lagi Perekrutan CPNS 2023 dan PPPK 2023 Resmi Dibuka, Berikut Tahapan Seleksi dan Syaratnya

Untuk prioritas pemanfaatannya lanjut Jonatan, Dana Desa 2023 Kabupaten Kepahiang difokuskan untuk item-item sebagai berikut:

 

1. Program pemulihan ekonimi, berupa perlindungan sosial dan penanganan kemiskinan ekstrem dalam bentuk BLT DD dengan ketentuan, minimal 10 persen dan maksimal 25 persen dari pagu Dana Desa 2023.

 

2. Dana operasional pemerintah desa dengan ketentuan maksimal 3 persen dari pagu Dana Desa 2023.

 

3. Program ketahanan pangan dan hewani dengan ketentuan minimal 20 persen dari pagu Dana Desa 2023, termasuk pembangunan lumbung pangan.

BACA JUGA:Gawat! Ternyata Kasus Stunting di Kabupaten Ini Nomor 1 se Provinsi Bengkulu, Perhatikan Jumlah Keseluruhannya

4. Dukungan progran sektor prioritas di desa berupa bantuan pemodalan BUMDes, progran kesehatan termasuk penanganan stunting, pariwisata skala desa sesuai dengan potensi karakteristik desa serta kegiatan-kegiatan lainnya.

Sumber: