Update Harga Kopi Robusta Naik Terus, Sekarang Tembus Rp66 Ribu!

Update Harga Kopi Robusta Naik Terus, Sekarang Tembus Rp66 Ribu!

Update harga kopi robusta di Indonesia naik terus namun ekspor kopi Indonesia ke Amerika Serikat turun dari tahun sebelumnya--Radarkepahiang.id

 

Kemudian untuk urutan kedua adalah Provinsi Lampung dengan angka produksi kopi robusta sebanyak 14,68 persen dari total produksi nasional. Selanjutnya posisi ke 3 nasional adalah Provinsi Sumatra Utara dengan jumlah 11,16 persen. Disusul Provinsi Aceh sebanyak 9,08 persen dan yang Provinsi Bengkulu 7,72 persen. Selebihnya, produksi kopi robusta Indonesia dibantu oleh produksi kopi dari beberapa provinsi penghasil kopi lainnya di Indonesia. 

 

Dikutip dari sumber terpercaya Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Provinsi Bengkulu, Muhammad Rizon belum lama ini menginformasikan kalau harga kopi robusta di Provinsi Bengkulu tahun 2024 ini sempat menyentuh angka Rp60 ribu - Rp70 ribu perkilo pada Juli 2024. 

BACA JUGA:Bule Berjilbab Diduga Mencuri dan Terekam CCTV Konter di Kepahiang!

BACA JUGA:Sebelum Mencuri dan Terekam CCTV Konter, Bule Berjilbab dan Rekannya Kerap Keliaran di Pasar Ujung

Menurut Muhammad Rizon, prediksi harga kopi ini akan naik terus hingga tahun 2025. Prediksi harga kopi ini diyakini dapat terbukti kalau produksi kopi di negara penghasil kopi mengalami penurunan seperti yang terjadi tahun 2024 ini.

 

Dari data yang ada, kopi robusta adalah jenis kopi yang paling banyak diproduksi di Indonesia saat ini. Saat tahun 2022 lalu, ekspor kopi robusta paling banyak dilakukan Indonesia dengan jumlah keseluruhan 86,13 persen dari keseluruhan kopi yang diekpor Indonesia. Selebihnya adalah ekpor kopi Arabika sebanyak 11,10 persen dan 0,86 persen untuk ekpor kopi jenis lainnya.

 

Berada di bawah Brazil dan Vietnam, Indonesia adalah salah satu negara pengekspor kopi terbesar di dunia. Data tahun 2023 menunjukan kalau Indonesia, berhasil menjadi negara terbanyak mengekspor kopi ke Amerika Serikat yang jumlah keseluruhannya mencapai 36.625,6 ton.

 

Tapi jika dibandingkan dengamn tahun 2022 lalu, ekpor kopi Indonesia ke Amerika Serikat ini menunjukan adanya penurunan. Karena pada tahun 2022lalu, ekspor kopi Indonesia ke Amerika Serikat jumlahnya mencapai 55.810,2 ton. Meskipun demikian, angka ekspor kopi Indonesia tahun 2022 tersebut, belum mampu memecahkan rekor ekspor kopi Indonesia ke Amerika Serikat pada tahun 2006, yakni 85.503,2 ton.

BACA JUGA:Soal Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi PPPK 2024, Simak Ini Kata Bupati!

BACA JUGA:Postingan Terakhir Satpam BPJS Kesehatan Kepahiang Bikin Merinding Hingga Dihujani Ucapan Duka

Sumber: