Harga Kopi Naik Rp 63 Ribu, Petani Kopi Lampung Pilih Langkah Ini Untuk Antisipasi Merugi

Harga Kopi Naik Rp 63 Ribu, Petani Kopi Lampung Pilih Langkah Ini Untuk Antisipasi Merugi

Di tengah harga kopi naik makin tinggi, petani kopi Indonesia khususnya petani kopi Lampung punya cara agar tidak merugi.--Istimewah

Kemudian di sisi lainnya, sejumlah pengusaha jual beli kopi mengatakan jika harga kopi tertinggi dengan kualitas terbaik hingga Selasa 20 Agustus 2024 lalu, mencapai Rp 63 ribu perkilo.

BACA JUGA:Khusus Lulusan SMA, 5 Instansi Pusat Ini Buka Formasi Seleksi CPNS Tahun 2024

BACA JUGA:Gaji Sampai Rp 8 Juta, Kini Kementerian LHK Resmi Buka 3.066 Formasi Melalui Seleksi CPNS Tahun 2024

Kenaikan harga kopi ini terjadi dalam kurun waktu 2 minggu ini dan berlangsung secara perlahan. Persis seperti yang dikatakan Epril, petani kopi yang tak ingin kehilangan kesempatan, momen ini langsung dimanfaatkan banyak petani kopi untuk melakukan penjualan kopi.

 

"Kami juga merasa percaya dalam pembelian karena jika dilihat dari trennya, harga kopi masih naik terus," ungkap salah satu agen kopi Pekon Way Petai, Kecamatan Sumber Jaya.

 

Dirinya juga menjelaskan kalau untuk mengetahui trend naik turunnya harga kopi, saat ini lebih mudah karena dapat dilakukan secara online. Sehingga berapa persen kenaikan basis kopi dapat terpantau dalam setiap saatnya oleh kalangan petani kopi.

BACA JUGA:Seleksi CPNS Tahun 2024 Dimulai, Ingat Peserta Hanya Boleh Pilih 1 Instansi dan Jabatan, Cek Jadwal Lengkapnya

BACA JUGA:Merangkak Naik, Harga Kopi di Kepahiang Saat Ini Masih Stabil, Cek Sekarang!

Sekedar informasi, masa panen kopi di Kabupaten Lampung Barat untuk wilayah timur sekarang ini sedang masa puncaknya. Kualitas kopi khususnya kopi Lampung, saat ini kualitasnya cukup bagus karena kadar air yang dipengaruhi dengan cuaca yang sedang kemarau. 

 

Selain itu petani kopi Indonesia juga diharapkan dapat menjaga kualitas kopi dengan baik. Sebab kualitas kopi merupakan salah satu penentu tinggi rendahnya harga kopi. 

Sumber: