6 Fakta Tersembunyi Tentang Kemerdekaan RI Tahun 1945, Soekarno Sakit Malaria!

6 Fakta Tersembunyi Tentang Kemerdekaan RI Tahun 1945, Soekarno Sakit Malaria!

Berikut ini adalah 6 fakta tersembunyi tentang kemerdekaan RI tahun 1945--Istimewah

 

5. Tiang Bendera Terbuat dari Bambu

Kesederhanaan upacara proklamasi kemerdekaan RI tahun 1945 juga dapat terlihat dari tiang bendera yang terbuat dari bambu. Hal ini disebabkan oleh mendadaknya waktu persiapan kemerdekaan RI.

 

6. Dokumentasi Proklamasi Hampir Disita Jepang

Alexius Impurung Mendur dan Frans Mendur, adalah fotografer yang mengambil dokumentasi teks proklamasi yang dibacakan. Mereka merupakan wartawan Java Bode yang sebenarnya tak mendapatkan tugas untuk mengambil foto proklamasi kemerdekaan. 

Naluri junalis yang ada pada diri mereka, mengatakan hal lain sehingga mereka bergegas menuju lokasi acara proklamasi kemerdekaan berlangsung. Mereka yakin betul kalau momen itu, menjadi peristiwa penting bangsa ini. 

Benar saja, nama mereka masih dikenang sebagai salah satu saksi sejarah yang berjasa dalam mengabadikan momen Kemerdekaan RI. 

BACA JUGA:PENTING! Hindari 5 Hal Fatal Ini Saat Mengikuti Seleksi PPPK Tahun 2024

BACA JUGA:Cek Sekarang, Segini Rentang Besaran Gaji PPPK Tahun 2024 Berdasarkan Golongan

Sayangnya, setelah upacara proklamasi, mereka tertangkap Jepang lalu kamera mereka dirampas dan foto-fotonya dibakar. Tapi masih beruntung, Frans menguburnya di halaman kantor harian Asia Raya sehingga rol film masih bisa diselamatkan.

Demikianlah 6 fakta tersembunyi tentang kemerdekaan RI tahun 1945 yang sampai saat ini, masih jarang diketahui.

Sumber: